Kala Megawati Kenang Belajar Menari Bersama Rachmawati di Istana

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 03 Jul 2021 15:36 WIB
Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menghadiri penganugerahan lifetime achievement Bhakti Teratai Putra Indonesia di Balai Sarbini.
Megawati Soekarnoputri (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri merasa sangat kehilangan atas meninggalnya sang adik, Rachmawati Soekarnoputri. Megawati dan Rachmawati disebut punya banyak momen bersama, salah satunya saat belajar menari di Istana.

Megawati dan Rachmawati merupakan putri Proklamator Sukarno. Keduanya dibesarkan di Istana ketika Sukarno menjabat Presiden RI pertama.

"Ibu Megawati Soekarnoputri sangat berduka. Ibu Rachmawati adalah adik beliau, yang tumbuh dan sama-sama besar di Istana Negara, belajar menari bersama," ucap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan, Sabtu (3/7/2021).

Dia mengatakan Megawati dan Rachmawati juga sama-sama berjuang untuk meneladani pemikiran dan perjuangan Bung Karno. Hasto mengatakan Megawati mendoakan agar almarhumah Rachmawati diberi tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"(Megawati dan Rachmawati) juga berjuang guna meneladani keseluruhan pemikiran dan perjuangan Bung Karno, Proklamator dan Bapak Bangsa Indonesia. Semoga husnul khotimah," ucap Hasto.

Dia mengatakan Megawati telah menghubungi putra tertua Rachmawati, yakni Rommy Soekarnoputro. Megawati dan PDIP, kata Hasto, memberikan penghormatan terbaik bagi Rachmawati Soekarnoputri.

"PDI Perjuangan mengucapkan dukacita yang mendalam. Kami mendoakan Ibu Rachmawati dan Partai memberikan penghormatan terbaik bagi almarhumah," ucapnya.

Rachmawati meninggal dunia hari ini di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Rachmawati dirawat sejak akhir Juni 2021 karena positif Corona.

Jenazah Rachmawati tak dibawa ke rumah duka. Setelah disalatkan, jenazah langsung dibawa ke TPU Karet Bivak untuk dimakamkan sesuai protokol pemakaman jenazah pasien Corona.

(haf/idh)