Sesuai Wasiat, Rachmawati Akan Dimakamkan di Samping Makam Ibu Fatmawati

Yogi Ernes - detikNews
Sabtu, 03 Jul 2021 14:35 WIB
Jakarta -

Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia setelah dirawat karena terpapar virus Corona (COVID-19). Rencananya jenazah akan dimakamkan di samping makam ibunya, Farmawati.

"Rencananya hari ini akan dimakamkan di pemakaman Karet Bivak, mungkin di samping makam Ibu Fatmawati," kata perwakilan keluarga, Nanda Persada, di RSPAD, Jakarta, Sabtu (3/7/2021).

"Itu pesan dari almarhumah, wasiat," tambahnya.

Nanda kemudian menjelaskan keadaan Rachmawati sebelum akhirnya meninggal dunia pagi tadi. Dia menyebut putri Presiden Sukarno ini memang sempat terpapar virus Corona.

"Ada banyak penyakit berat, ya. Beliau kan sudah lama pakai kursi roda. Yang terakhir memang terkena COVID. Itu mungkin yang buat makin berat kondisinya," ujar Nanda.

Terkait kemungkinan saudara Rachmawati, seperti Megawati Soekarnoputri dan Guruh Sukarno Putra, menghadiri pemakaman, Nanda belum mengetahuinya. Dia menyebut pihak keluarga masih berkoordinasi.

"Masih koordinasi karena situasi pandemi gini kan. Semua tentu keluarga besar sangat sedih. Sudah dapat kabar, sudah komunikasi juga, nggak tahu apakah langsung ke makam, saya nggak tahu karena ada protokol COVID-19 ini," ujar Nanda.

Hingga saat ini jenazah Rachmawati Soekarnoputri masih disemayamkan di rumah duka RSPAD. Penjagaan ketat dari aparat terlihat menjaga di rumah duka.

(ygs/idh)