PPKM Darurat, 28 Titik Akses Tol-Perbatasan DKI Bakal Dijaga Polisi 24 Jam

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 02 Jul 2021 21:08 WIB
Pembatasan mobilitas warga di beberapa ruas jalan Ibu Kota kembali dilakukan. Hal itu guna menekan angka kasus positif Corona yang kembali melonjak. Begini potretnya.
Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom
Jakarta -

Sebanyak 63 titik penjagaan mobilitas warga selama PPKM darurat di Jakarta disiapkan Polda Metro Jaya. Dari 63 titik itu, 28 titik yang berada di jalan tol, hingga jalan perbatasan ke Jakarta bakal dijaga 24 jam.

"(28 titik) dijaga 24 jam dari tanggal 3 hingga 20 Juli mendatang," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Jumat (2/7/2021).

Ke-28 titik yang dijaga 24 jam itu dari empat ruas jalan protokol. Empat jalan itu berada di Bundaran Senayan, Semanggi, Bundaran HI, hingga Harmoni.

Sementara itu, sebanyak lima gerbang tol pun akan dijaga polisi. Gerbang tol itu dari Gerbang Tol Tegal Parang dan Gerbang Tol Polda.

"Lalu ada Gerbang Tol Semanggi, Gerbang Tol Senayan, dan Gerbang Tol Pancoran," imbuh Sambodo.

Di wilayah perbatasan menuju Jakarta sendiri, total ada 19 titik ruas jalan yang bakal dijaga 24 jam oleh polisi. Ke-19 titik ruas jalan ini tersebar di seluruh jalan perbatasan menuju Ibu Kota.

Selain 28 titik ruas jalan yang bakal dijaga 24 jam, Polda Metro Jaya tetap bakal melakukan penjagaan di 35 titik lainnya. Ke-35 titik itu termasuk ke dalam kebijakan pembatasan dan pengendalian mobilitas yang telah dilakukan sejak pekan lalu.

Bedanya, 35 titik itu nantinya mulai akan dijaga petugas sejak pukul 20.00 WIB. Polisi akan berjaga di 35 titik tersebut hingga pukul 04.00 WIB.

"Nah kenapa pembatasan mobilitas sekarang dimulai pukul 20.00 WIB? Karena memang aturan PPKM darurat pukul 20.00 WIB semua kegiatan swalayan, warung harus tutup," ungkap Sambodo.

Penjagaan ketat di 63 titik selama PPKM darurat di Jakarta itu bukan tanpa alasan. Polisi berharap dengan penjagaan ketat tersebut kondisi Jakarta menjadi lebih lenggang.

Dengan menekan mobilitas warga selama dua pekan ke depan, diharapkan laju penyebaran virus Corona di Ibu Kota bisa dikendalikan.

"Selama PPKM darurat ini diharapkan Jakarta sunyi dan senyap. Semua orang yang tidak ada kebutuhan mendesak semua diharapkan tinggal di rumah," pinta Sambodo.

Berikut ini total 63 titik yang diawasi Polda Metro Jaya selama PPKM darurat:

Simak Video: Ini Daftar 63 Titik Pengawasan Mobilitas Polda Metro di Masa PPKM Darurat

[Gambas:Video 20detik]