Tito Karnavian Susun Aturan dan Sanksi PPKM Darurat

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 21:20 WIB
Mendagri Tito Karnavian
Mendagri Tito Karnavian (Kemendagri)
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian tengah menyusun Instruksi Mendagri (Inmendagri) berisi aturan dan sanksi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Aturan ini segera difinalisasi oleh Tito bersama Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan selaku Koordinator PPKM Darurat.

"Arahan dari Bapak Menko (Luhut Pandjaitan), poin-poin yang disampaikan Bapak Menko tentang PPKM Darurat Jawa-Bali mulai tanggal 3 sampai 20 Juli, itu akan kami tuangkan dalam bentuk regulasi, disepakati oleh Bapak Menko dan menteri-menteri lain, yaitu Instruksi Mendagri," kata Tito dalam jumpa pers yang disiarkan kanal YouTube resmi Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Kamis (1/7/2021).

Tito mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Di situ diatur Mendagri dapat menerbitkan instruksi yang memuat sanksi.

"Jadi menggunakan jalur perundang-undangan, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, karena di situ bisa memberikan instruksi kepada daerah dan itu ada sanksinya," kata Tito.

Draf Inmendagri sedang disusun. Dia menunggu koreksi dari Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan. Apabila draf ini sudah disetujui, Inmendagri segera disampaikan ke kepala daerah.

"Segera hari ini juga akan kami tandatangani dan share kepada seluruh kepala daerah di Jawa dan Bali," kata Tito.

Selanjutnya, soal pengaturan dalam PPKM darurat

Simak Video: Ini Sanksi Bagi yang Langgar Prokes Selama PPKM Darurat!

[Gambas:Video 20detik]