ADVERTISEMENT

Sekjen DPR Bicara Aturan Karantina soal Elite PAN Hadir Rapat Usai dari LN

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 15:36 WIB
Sekjen DPR Indra Iskandar diperiksa KPK terkait kasus suap Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Kebumen. Ia diperiksa sebagai saksi untuk anggota DPR F-PAN Sukiman.
Indra Iskandar (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Anggota DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus tak melakukan karantina sepulang dari luar negeri (LN) dan memilih ikut rapat di DPR RI hadir secara fisik. Mengetahui hal tersebut, Sekjen DPR RI Indra Iskandar bicara soal aturan karantina setelah pergi dari luar negeri.

"Kalau dari sisi kami aturannya sudah sangat jelas, berkaitan protokol-protokol dan sudah ada edaran tentang itu," kata Indra kepada wartawan, Kamis (1/7/2021).

Aturan karantina sepulang dari luar negeri itu, menurut Indra, ada dalam surat edaran Satgas COVID-19. Namun Guspardi setelah melakukan perjalanan luar negeri malah ikut rapat di DPR dan tak melakukan karantina.

"Sesuai edaran Satgas COVID tentang karantina dan isolasi mandiri, sudah diatur jelas tentang perjalanan luar negeri," ujarnya.

Apakah Kesekjenan DPR akan meminta Guspardi melakukan karantina atau isolasi? Indra menyebut perihal tersebut berada di Mahkamah Kehormatan Dewan atau MKD DPR.

"Kalau berkaitan dengan mekanisme anggota, sebaiknya ditanyakan ke MKD," imbuhnya.

Guspardi Gaus sebelumnya menolak isolasi sepulang dari luar negeri. Perilaku Guspardi yang hadir rapat di DPR RI setelah dari luar negeri ini disentil sejumlah anggota Dewan lainnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

"Saya baru datang dari Kirgistan, saya cemas juga semalam, mau diinapkan di hotel dan memang cara-cara yang dilakukan tidak baik oleh Departemen Kesehatan. Harusnya yang dikarantina itu adalah orang-orang yang tinggal di luar negeri," kata Guspardi saat menghadiri rapat Pansus RUU Otsus Papua secara fisik yang disiarkan akun YouTube DPR RI, Kamis (1/7).

"Jadi diperlakukan tidak baik, karena apa? Saya ingin hadir pada kegiatan ini, jadi mohon maaf kalau seandainya saya terlambat," sambungnya.

Anggota DPR RI Fraksi PDIP My Esti Wijayati, yang turut hadir secara fisik, khawatir atas kehadiran Guspardi sepulang dari luar negeri. Menurut Esti, sebaiknya Guspardi menjalankan protokol kesehatan setelah dari luar negeri.

"Cuma Pak Gaus harus rapid test dulu karena dari luar negeri. Saya deg-degan tadi, Pak Gaus dari luar negeri, jadi kita kalau mau deket-deket Pak Gaus agak ngeri-ngeri juga," ujar My Esti.

(rfs/gbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT