Round Up

Wacana di Sulsel Bagi yang Mau Nikah Harus Bebas dari Narkoba

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 05:33 WIB
ilustrasi menikah
Ilustrasi menikah (Foto: iStock)
Jakarta -

Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel) tengah gencar melawan peredaran narkoba di Sulsel. Bahkan warga Sulsel yang hendak menikah pun diwacanakan harus memiliki surat bebas narkoba.

Wacana surat bebas narkoba bagi calon mempelai itu diungkap Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. Syarat itu wajib ditunjukkan kepada penghulu sesaat sebelum akad nikah.

"Jadi mencari menantu Bersinar, apa? Bersih dari narkoba," ujar Andi Sudirman dalam keterangan yang diterima detikcom, Rabu (30/6/2021).

Andi Sudirman melanjutkan program ini akan dikerjasamakan dengan Badan Narkotika Nasional (BNN), baik yang ada di tingkat provinsi maupun yang ada di tingkat kabupaten.

"Tidak lain adalah untuk menyisir bahwa nanti kan orang-orang itu kan cari menantu supaya dia cari yang bebas narkoba," katanya.

Dia menyebut narkoba dapat merusak semua kalangan dan golongan. Termasuk pasangan yang akan menikah.

"Programnya mencari menantu Bersinar (bersih dari narkoba), tidak lain supaya anak-anak muda, generasi kita pengin menikah, tapi kan belum tentu kalau menikah pasti dia persiapkan diri. Supaya bebas narkoba, selalu kan wajib dia selalu merasa dirinya jaga ini," jelasnya.

Aturan bebas narkoba bagi calon mempelai pria dan wanita yang akan menikah masih akan dikaji. Pemprov Sulsel juga berfokus di beberapa daerah yang kerap dijadikan sebagai sarang narkoba.

"Kita suda hitung hitung ada 3.000-an, kalau tak salah, angka pernikahan setiap tahunya. Itu bisa menjadi sasaran. Itu masih di godok bersama Pak Ketua Wakil Ketua ini (DPRD provinsi). Antusias juga bantu kita bahwa bagaimana kita men-support program ini katanya dengan sangat baik dan terutama di wilayah-wilayah strategis, seperti Sidrap, Parepare, dan wilayah-wilayah pelabuhan lainnya," tegasnya.

Simak juga 'Pemkot Makassar Bentuk Satgas Khusus Buru Warga Suspek Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]