Kemenag Sulsel soal Surat Bebas Narkoba Syarat Nikah: Tak Ada Dalam Aturan

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Rabu, 30 Jun 2021 14:31 WIB
Cropped shot of an unrecognizable newlywed couple doing a pinky swear gesture on their wedding day
Ilustrasi Pernikahan (Getty Images/PeopleImages)
Makassar -

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mewacanakan syarat pernikahan adalah calon pengantin wajib memiliki hasil tes bebas narkoba yang dikeluarkan lembaga terkait. Kanwil Kemenag Sulsel menyambut positif usulan tersebut, meski disebut usulan itu bukan syarat wajib untuk menikah.

"Sebetulnya kan (syarat) narkoba kan bukan untuk nikah. Jadi, jika Plt Gubernur punya pandangan seperti itu, kami menilai sah-sah saja karena Narkoba jadi musuh bebuyutan generasi kita," kata Kepala Bidang Urais dan Pembinaan Syariah Kanwil Kemenag Sulsel Muhammad Rape kepada wartawan, Rabu (30/6/2021).

Namun Rappe menyebut syarat wajib menikah bukanlah dengan adanya surat keterangan narkoba, melainkan syarat administrasi terpenuhi, ada wali dan ada pasangan yang hendak dinikahi.

"Sebetulnya, kami di Kementerian Agama itu tidak ada regulasi tentang itu. Kita tidak pernah minta mana surat keterangan bebas narkoba, kalau di dalam aturan pernikahan tidak ada itu. Kalau Pak gubernur mau menginisiasi itu-itu jadi pembelajaran bagi yang mau menikah," ujarnya.

Pada dasarnya, lanjut Rappe, calon pengantin sebaiknya terbebas dari pengaruh narkoba dan memang telah menjadi ketetapan bersama bahwa narkoba adalah larangan dan dalam Islam dipandang sebagai bentuk yang haram.

"Menurut saya itu bagus itu. iya positif lah supaya calon calon pengantin ini bisa mawadah, wa rahmah, bagaimana bisa sakinah kalau terpapar narkoba, apalagi kalau kelas berat," terangnya.

Terkait di masa pandemi saat ini, dia kembali mengingatkan bahwa adanya aturan soal pembatasan undangan yang hadir di dalam acara pernikahan dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Seperti diketahui, Andi Sudirman Sulaiman mewacanakan surat narkoba bagi pasangan yang hendak melakukan pernikahan di Sulsel. Dia menyebut payung hukum usulannya ini akan segera disiapkan. Sudirman menyebut gerakannya ini sebagai 'Menantu bebas Narkoba'.

(tfq/nvl)