Muhadjir Ungkap Jokowi Mulai Keras Beri Peringatan soal Penanganan COVID

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 30 Jun 2021 19:02 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy di Universitas Gunadarma, Depok, Jawa Barat, Minggu (6/6/2021).
Menko PMK Muhadjir Effendy (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Menko PMK Muhadjir Effendy mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai keras dalam memberikan arahan di rapat kabinet mengenai penanganan COVID-19. Jokowi disebut selalu menekankan soal penyelesaian target di lapangan.

"Bapak Presiden sekarang agak keras memberikan peringatan bahwa yang penting sebetulnya apa pun konsep yang kita gunakan untuk menyelesaikan COVID ini sebetulnya adalah penyelesaian di lapangan," kata Muhadjir saat membuka Rakornas KPAI secara virtual, Rabu (30/6/2021).

Muhadjir menyebut Jokowi selalu memberikan arahan mengenai pentingnya eksekusi target di lapangan. Konsep dinilai menjadi percuma ketika tak direalisasikan di lapangan.

"Biar rapatnya berkali-kali, berbusa-busa, menghitung angka-angka, tetapi kalau di lapangan tidak bergerak, tidak jalan seperti biasa, tidak berjalan seperti yang seharusnya, ya tidak akan selesai masalah ini. Karena itu, Bapak Presiden selalu wanti-wanti sekarang yang menjadi perhatian beliau serius, setiap rapat setahu saya setiap rapat kabinet, yaitu pelaksanaan di lapangan, pelaksanaan di lapangan, pelaksanaan di lapangan," ujar Muhadjir.

"Itulah cara kemudian vaksinasi besar-besaran, percepatan vaksinasi. Jadi sudahlah akhiri kita dengan berbagai skenario karena skenario-skenario itu tidak akan berjalan seperti biasa kalau tidak dilaksanakan di lapangan," sambung Muhadjir.

Penekanan mengenai pentingnya pengawasan lapangan juga disampaikan Jokowi saat meninjau lokasi PPKM Mikro di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, seperti disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (25/6). Jangan sampai, kata Jokowi, suatu kebijakan tak berjalan di level bawah.

"Yang diperlukan sekarang ini tindakan lapangan, pengawasan lapangan, kontrol lapangan berjalan atau tidak berjalan, percuma kita membuat sebuah kebijakan policy, tetapi di bawah tidak berjalan," kata Jokowi.

Jokowi senang PPKM Mikro di RW 01 Rawasari, Cempaka Putih, Jakpus, ini berjalan baik. Kunjungan mendadak Jokowi itu semata-mata untuk memastikan penerapan PPKM Mikro.

"Ini yang kita harapkan di semua provinsi berjalan seperti ini sehingga keyakinan itulah yang akan kita pakai dalam rangka kebijakan-kebijakan selanjutnya. Saya rasa kedatangan saya mendadak itu satu, ingin kepastian mengenai pelaksanaan PPKM Mikro, itu saja," ujar Jokowi.

Simak Video: Jokowi Pamer Pencapaian Vaksinasi Indonesia Urutan 11 Dunia

[Gambas:Video 20detik]




(knv/haf)