Kapolda Bali: 23 Korban Selamat KMP Yunicee Tak Masuk dalam Manifes

Sui Suadnyana - detikNews
Rabu, 30 Jun 2021 16:45 WIB
Pencarian Penumpang Hilang KMP Yunicee ke Difokuskan ke Selatan Gilimanuk
Pencarian korban KMP Yunicee (Ardian Fanani/detikcom)
Denpasar -

Kapolda Bali Irjen Putu Jayan Danu mengungkap 23 korban selamat dari tenggelamnya KMP Yunicee tidak masuk dalam manifes. Dari 39 korban yang ditemukan, hanya 16 yang masuk dalam manifes, sedangkan sisanya 23 orang tidak tercatat dalam manifes.

"Ditemukan (ada sebanyak) 39 (orang korban), yang masuk manifes hanya 16 orang. Selebihnya 23 orang yang selamat adalah di luar manifes," kata Irjen Putu di Bali, Rabu (30/6/2021).

Irjen Putu lalu menyebut total ada 41 orang yang tercatat dalam manifes KMP Yunicee.

Sementara itu, sudah ditemukan 7 orang dalam kondisi meninggal. Namun, dari 7 orang itu, tiga orang masuk dalam manifes, sedangkan empat orang tak tercatat dalam manifes.

Posko di Pelabuhan Gilimanuk juga menerima laporan adanya 11 orang hilang atau belum ditemukan dalam kecelakaan kapal tersebut. Dari 11 orang itu, yang masuk dalam manifes ada 5 orang, sementara 6 korban lagi tidak tercatat dalam manifes.

"Ada ataupun tidak ada dalam manifes, kita dari tim gabungan dari Basarnas, Kodim, Polda, dan unsur pemda itu sama-sama mencari keberadaan orang yang hilang. Semoga, dengan penyisiran di sepanjang pantai ini, kita bisa temukan korban yang dinyatakan hilang tersebut," kata Putu Jayan.

Menurut Kapolda, pencarian dilakukan dari kemarin hingga sore ini. Dari pencarian itu, ada beberapa perlengkapan kapal yang ditemukan, antara lain pelampung, perahu karet, tabung oksigen, dan sebagainya. Berbagai barang itu ditemukan di arah selatan dari titik tenggelamnya kapal.

"Jadi diperkirakan memang arus dari Selat Bali ini derasnya ke arah selatan. Jadi kira-kira proses pencarian kita, dari unsur Lanal, Basarnas, dll itu sama-sama sedang menyisir lokasi yang dimungkinkan adanya orang yang hilang," tutur Kapolda.

(nvl/nvl)