Cak Imin Minta Aturan PPKM Darurat Dijelaskan dengan Rinci & Detail

Inkana Putri - detikNews
Rabu, 30 Jun 2021 13:27 WIB
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin).
Foto: dok. PKB
Jakarta -

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendukung upaya pemerintah terkait penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Darurat. Di tengah lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia, pemerintah rencananya akan memberlakukan PKKM Mikro Darurat selama dua pekan.

Meski demikian, ia meminta pemerintah untuk menjelaskan secara detail dan rinci soal peraturan terkait kebijakan tersebut. Dengan demikian, implementasi PKKM Mikro Darurat dapat lebih optimal dan terukur.

"Saya minta pemerintah memberikan penjelasan PPKM Darurat dengan rinci dan detail, jangan sampai bikin bingung dan multitafsir," kata Muhaimin dalam keterangan tertulis, Rabu (30/6/2021).

Wakil Ketua DPR RI ini pun mengatakan bahwa tidak ada kata terlambat bagi pemerintah untuk menetapkan kebijakan ini guna menahan laju pertumbuhan kasus COVID-19. Oleh karena itu, ia berharap pemerintah dapat tanggap dan fleksibel untuk menerapkan kebijakan baru yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Cak Imin juga mendorong pemerintah pusat dan Satgas Penanganan COVID-19 memastikan seluruh daerah di Indonesia telah menerapkan seluruh aturan PPKM Mikro Darurat.

"Jangan sampai ada daerah yang tidak menerapkan aturan yang telah ditetapkan Pemerintah Pusat. Ketegasan saya rasa sangat diperlukan saat ini," tegasnya.

Di samping itu, ia juga mengimbau seluruh masyarakat Indonesia mematuhi kebijakan tersebut dan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pasalnya, setiap pelanggar PPKM Mikro Darurat akan dikenakan sanksi sesuai peraturan.

"Kesadaran masyarakat jangan kendor. Saya minta PPKM Darurat ini dipatuhi dengan maksimal, ada sanksinya kalau dilanggar. Semua demi kebaikan kita bersama," pungkasnya.

(prf/ega)