COVID di Indonesia: Masuk Second Wave- Zona Merah Bertambah

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 30 Jun 2021 13:24 WIB
Covid di Indonesia: Masuk Second Wave- Zona Merah Bertambah
COVID di Indonesia: Masuk Second Wave- Zona Merah Bertambah/ilustrasi (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Kabar terkait COVID di Indonesia masih jadi sorotan setelah terjadi lonjakan kasus di sejumlah daerah. Bahkan Satgas Penanganan COVID-19 menyebut kini Indonesia sudah masuk second wave Corona atau gelombang kedua Corona.

Sebutan tersebut tak lepas dari data terkini Satgas terkait sebaran zonasi risiko daerah. Data per 27 Juni 2021, ada 60 kabupaten/kota yang kini masuk dalam kategori zona merah atau zona berisiko tinggi infeksi COVID-19.

Covid di Indonesia Masuk Second Wave

Indonesia kini sudah memasuki second wave Corona. Hal ini ditandai dengan kasus Corona mingguan yang mencapai puncaknya, dengan 125.396 kasus.

Pada minggu lalu, COVID di Indonesia mencatatkan angka kasus positif harian yang sangat tinggi, bahkan mencetak rekor baru selama pandemi, yaitu bertambah 21.345 kasus dalam satu hari.

"Hal ini menandakan second wave atau gelombang kedua kenaikan kasus COVID-19 di Indonesia," kata Koordinator Tim Pakar dan juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan tertulis, Rabu (30/6/2021).

Disebutkan, kenaikan angka kasus COVID di Indonesia mulai terjadi satu minggu pascalibur Lebaran. Kondisinya kian diperparah oleh masuknya sejumlah varian baru COVID-19 ke Indonesia.

Kenaikan yang mulai terjadi satu minggu pasca-periode libur Lebaran menunjukkan dampak yang ditimbulkan akibat libur panjang ternyata dapat terjadi sangat cepat. Awalnya kenaikan terlihat normal dan tidak terlalu signifikan. Namun, memasuki minggu ke-4 pasca-periode libur, kenaikan meningkat tajam dan berlangsung selama tiga minggu hingga mencapai puncak kedua di minggu terakhir," tutur Wiku.

Selain itu, hal ini juga dapat disebabkan munculnya beberapa varian COVID-19 baru yang telah masuk ke Indonesia diperparah dengan mobilitas yang tinggi. Kondisi-kondisi ini menyebabkan dampak periode libur terlihat hingga minggu ke-6 dan kemungkinan masih akan terlihat hingga minggu ke-8," ujarnya.

Ada tiga provinsi yang disebut berkontribusi dalam melonjaknya COVID di Indonesia.

"Jika dilihat lebih dalam pada tingkat provinsi, tiga provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, disusul Jawa Timur, sama-sama berkontribusi besar pada kenaikan kasus baik pada puncak pertama maupun puncak kedua," kata Wiku.

COVID di Indonesia: Zona Merah Bertambah Jadi 60

Menurut data yang di-update per 27 Juni 2021 lalu, sebaran daerah zona merah atau yang berisiko tinggi COVID di Indonesia bertambah. Jumlahnya bahkan mencengangkan, yaitu mencapai 60 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Ada 14 provinsi dan 60 kabupaten/kota yang masuk dalam zona risiko tinggi atau kategori merah yaitu:

SUMATERA UTARA
KOTA MEDAN
KOTA PADANGSIDIMPUAN

SUMATERA SELATAN
KOTA PALEMBANG

LAMPUNG
PRINGSEWU

KEPULAUAN RIAU
KOTA BATAM
BINTAN

KALIMANTAN TENGAH
KOTA PALANGKA RAYA

KALIMANTAN BARAT
KOTA PONTIANAK

JAWA TIMUR
BONDOWOSO
KOTA MADIUN
BANYUWANGI

JAWA TENGAH
WONOGIRI
KUDUS
KOTA SEMARANG
KOTA PEKALONGAN
BLORA
PATI
KENDAL
BREBES
KEBUMEN
SUKOHARJO
GROBOGAN
TEMANGGUNG
TEGAL
KOTA MAGELANG
PURWOREJO
WONOSOBO
SRAGEN
DEMAK
SEMARANG
KLATEN
JEPARA
KOTA SALATIGA

JAWA BARAT
BANDUNG
KOTA DEPOK
CIREBON
KOTA BANDUNG
GARUT
BANDUNG BARAT
KUNINGAN
MAJALENGKA
INDRAMAYU
KARAWANG
KOTA CIMAHI

DKI JAKARTA
JAKARTA SELATAN
JAKARTA PUSAT
JAKARTA BARAT
JAKARTA TIMUR
JAKARTA UTARA

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
SLEMAN
KULON PROGO
BANTUL
GUNUNGKIDUL
KOTA YOGYAKARTA

BENGKULU
KOTA BENGKULU

BANTEN
KOTA TANGERANG
KOTA TANGERANG SELATAN
LEBAK
TANGERANG

ACEH
ACEH TENGAH

(izt/izt)