Kasus Corona Melonjak, Pemprov DKI Tambah Nakes-Vaksinator

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 23:25 WIB
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Wilda/detikcom)
Wagub DKI Ahmad Riza Patria (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Lonjakan kasus Corona atau COVID-19 di Jakarta masih terjadi. Pemprov DKI Jakarta berencana menambah jumlah tenaga kesehatan (nakes) serta tenaga vaksinator.

"Pokoknya jumlah nakes kita tingkatkan, jumlah tenaga kesehatan kebutuhan nakes ini sedang ditambah. Tenaga profesional ini butuh lagi 2.156. Tenaga vaksinator perlu ditambah lagi 5.139 ya, jadi semuanya akan kita tambah," kata Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (29/6/2021).

Riza mengatakan sementara ini pihaknya tak akan merekrut nakes dari luar negeri. Meski demikian, penambahan nakes tetap membutuhkan proses panjang.

"Semua kan kebutuhan nakes tidak bisa diciptakan dengan cepat, kalau (nakes) dokter kan. Tapi kan sukarelawan juga bisa, tenaga-tenaga sukarelawan yang nanti di-training, dilatih itu nanti disiapkan," jelasnya.

Politikus Gerindra itu juga menyampaikan penambahan nakes akan diiringi dengan peningkatan kapasitas RS rujukan hingga kebutuhan akan penanganan COVID-19, seperti obat-obatan dan masker. Kendati demikian, dia tetap mengingatkan warga mematuhi protokol kesehatan (prokes) COVID-19.

"Kita harus menghadang di hulu, jangan sampai ke hilir. Menghadang di hulu itu pilihannya adalah seluruh warga kami minta tetap berada di rumah. Tidak perlu keluar rumah, kecuali yang sangat-sangat penting sekali," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkap kondisi terkini RS rujukan COVID-19 di tengah lonjakan kasus Corona. Anies mengatakan pihaknya membutuhkan tambahan ambulans untuk membawa jenazah COVID-19 ke pemakaman.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:



Simak Video "Kasus Corona DKI Pecah Rekor, Sekda: Jakarta Dalam Kondisi Serius Sekali"
[Gambas:Video 20detik]