Masuk Gorong-gorong Cari Biawak, Pria di Jakut Malah Terjebak

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 14:31 WIB
Penyelamatan pria terjebak di dalam gorong-gorong
Evakuasi pria terjebak di gorong-gorong (Foto: dok. Gulkarmat Jakarta)
Jakarta -

Seorang pria berumur 18 tahun terjebak di dalam gorong-gorong saat mencari biawak. Pria itu baru bisa keluar setelah dievakuasi petugas Damkar.

"Informasi dari warga setempat/pelapor sekitar 1 jam berapa di dalam saluran air tersebut," kata juru bicara Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Mulat Wijayanto kepada wartawan, Selasa (29/6/2021).

Peristiwa itu terjadi di gorong-gorong Jalan Danau, Jakarta Utara (Jakut), Senin (28/6). Upaya penyelamatan dilakukan beberapa petugas damkar setelah ada laporan dari warga.

Mulat mengatakan pria itu mulai mencari biawak dan masuk ke gorong-gorong pada pukul 11.00 WIB. Warga yang melihat heran mengapa korban tak kunjung keluar dari gorong-gorong itu setelah kurang-lebih 1 jam.

"Awalnya korban sedang mencari seekor biawak di dalam gorong-gorong pada pukul 11 siang. Kemudian salah satu seorang warga melihat korban tak kunjung keluar dari dalam gorong-gorong," ucapnya.

Warga yang melihat itu kemudian langsung mendatangi pos pemadam kebakaran Angke dan meminta pertolongan. Petugas damkar segera mendatangi gorong-gorong itu dan korban akhirnya bisa dibawa keluar pada pukul 17.36 WIB.

"Kemudian warga mendatangi pos pemadam (Angke) untuk melaporkan dan meminta bantuan kepada petugas yang sedang berjaga. Petugas pun langsung mendatangi TKP tersebut dan mengevakuasi orang yang terjebak di dalam gorong-gorong dan dievakuasi dalam keadaan lemas dan korban berhasil dievakuasi pukul 17.36 WIB," ucapnya..

Mulat mengatakan, setelah dievakuasi, korban langsung diberi oksigen tambahan. Hal ini dilakukan agar kondisi korban yang terbaring lemas itu bisa segera membaik.

"Korban sudah dibawa ke RW 02 Kelurahan Pejagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara," tuturnya.

(whn/haf)