Kabar Baik! 2 Juta Dosis Vaksin Corona dari Jepang Tiba di RI Juli

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 12:10 WIB
Retno Marsudi
Menlu Retno Marsudi (Foto: kpcpen)
Jakarta -

Menlu RI Retno LP Marsudi menjalin komunikasi intensif dengan Menlu India dan Menlu Jepang terkait isu vaksin dan obat-obatan COVID-19. Hasil dari komunikasi tersebut adalah Indonesia akan menerima sumbangan 2 juta dosis vaksin dari Jepang.

"Sebagai hasil dari komunikasi intensif tersebut dan juga kita ulang kembali dalam pertemuan dengan Menlu Jepang tadi, maka Jepang akan menyumbangkan sekitar 2 juta dosis vaksin jadi untuk Indonesia," kata Retno dalam pernyataan pers yang dikutip, Selasa (29/6/2021).

Retno menyampaikan bahwa vaksin dari Jepang itu akan tiba di Indonesia dalam dua tahap. Vaksin diperkirakan tiba pada Juli 2021.

"Satu juta dosis vaksin direncanakan akan tiba pada 1 Juli 2021, sementara pengiriman kedua menurut rencana akan tiba pada pertengahan Juli 2021," ujar Retno.

Selain itu, Retno berbicara dengan Menlu Jepang mengenai kerja sama di bidang obat-obatan terapeutik. Retno menyampaikan Menlu Jepang bakal segera melihat kemungkinan kerja sama penyediaan obat-obatan terapeutik yang diperlukan Indonesia saat ini.

Izin Ekspor dari India

Retno juga menyampaikan mengenai isi komunikasinya dengan Menlu India. Dia berharap izin ekspor obat-obatan terapeutik diberi kelonggaran.

"Sementara dengan Menlu India, saya menyampaikan harapan agar izin ekspor beberapa obat-obatan terapeutik dari India ke Indonesia, yang saat ini diperlukan Indonesia, agar dapat diberi kelonggaran," ujar Retno.

Permintaan itu disampaikan mengingat India memberlakukan pembatasan sementara ekspor vaksin dan obat-obatan karena situasi COVID-19 yang tengah melonjak.

"Permintaan Indonesia dipertimbangkan secara positif oleh India dan Indonesia telah menyampaikan rincian obat-obatan yang diperlukan saat ini," ujar Retno.

Simak juga video 'Viral Ajak Vaksin 18+ Pakai Ogiwara Sayu di Tik Tok, Warganet: Kemenkes Wibu!':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/imk)