Doa Pembuka Majelis Sesuai Sunnah, Lengkap Latin dan Terjemahannya

Kristina - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 11:11 WIB
majelis taklim odha
Foto: Adhar Muttaqien
Jakarta -

Umat Islam dianjurkan untuk membaca doa pembuka majelis sebelum memulai kegiatan. Doa ini biasanya dibaca saat akan ceramah, khutbah, pengajian, hingga pidato pembukaan untuk berbagai acara, khususnya keagamaan. Bagaimana doanya?

Dalam Islam, dikenal adanya majelis taklim. Abdul Hamid dalam bukunya Memaknai Kehidupan menjelaskan, majelis (المجلس) berasal dari bahasa Arab majlis yang artinya tempat duduk.

Sedangkan taklim, ditinjau dari asal katanya berasal dari kata 'alm dari akar kata 'allama yang artinya mengajar. Dalam konteks ini, majelis taklim diartikan sebagai tempat untuk mengadakan pengajaran atau pengajian agama Islam.

Ada beberapa adab majelis yang perlu diperhatikan oleh umat Islam. Abu Ihsan dalam bukunya yang berjudul Penuntun Doa Beserta Tata Caranya menyebutkan, ada 12 adab dalam majelis. Antara lain sebagai berikut:

1. Senangilah duduk dalam majelis amal saleh.

2. Masuk ke majelis dengan hati dan badan yang bersih.

3. Pilih tempat duduk yang paling depan.

4. Duduk dengan rapat dan jangan menjauh.

5. Tidak berbicara sendiri.

6. Menyimak semua yang sedang disampaikan.

7. Tidak memotong orang yang sedang berbicara.

8. Bertanyalah jika merasa tidak paham.

9. Menghargai pendapat orang lain.

10. Jangan suka melangkahi kepala orang lain.

11. Tidak makan dalam majelis ilmu.

12. Tidak membuang sampah dalam majelis.

Sebelum memulai pertemuan dalam sebuah majelis, disunnahkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Dikutip dari buku Kumpulan Doa Sehari-hari untuk Pembentukan Karakter Anak oleh Mochamad Soleh berikut doa pembuka majelis sesuai sunnah,

ﺇِﻥَّ ﺍﻟْﺤَﻤْﺪَ ﻟِﻠﻪِ ﻧَﺤْﻤَﺪُﻩُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻌِﻴْﻨُﻪُ ﻭَﻧَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮُﻩْ ﻭَﻧَﻌُﻮﺫُ ﺑِﺎﻟﻠﻪِ ﻣِﻦْ ﺷُﺮُﻭْﺭِ ﺃَﻧْﻔُﺴِﻨَﺎ ﻭَﻣِﻦْ ﺳَﻴِّﺌَﺎﺕِ ﺃَﻋْﻤَﺎﻟِﻨَﺎ، ﻣَﻦْ ﻳَﻬْﺪِﻩِ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓَﻼَ ﻣُﻀِﻞَّ ﻟَﻪُ ﻭَﻣَﻦْ ﻳُﻀْﻠِﻞْ ﻓَﻼَ ﻫَﺎﺩِﻱَ ﻟَﻪُ. ﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻻَ ﺇِﻟَﻪَ ﺇِﻻَّ ﺍﻟﻠﻪ ﻭَﺃَﺷْﻬَﺪُ ﺃَﻥَّ ﻣُﺤَﻤَّﺪًﺍ ﻋَﺒْﺪُﻩُ ﻭَﺭَﺳُﻮْﻟُﻪُ

Arab-latin: innal hamda lillaah nahmaduhu wa nasta'iinuhu wa na'uudzu billahi min suruuri anfusinaa wa min sayyiaati a'maalinaa man yahdihillaahu falaa mudhilla lah, wa man yudhlilhu falaa haadiya lah. Asyhadu allaa ilaaha illallah, wa asyhadu anna muhammadan 'abduhuu wa rosuuluh.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang hanya kepada-Nya kami memohon pertolongan dan mohon ampunan. Kami berlindung kepada Allah dari kejahatan dan keburukan amalan kami. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tidak ada yang dapat menyesatkan, dan barang siapa yang tersesat dari jalan Allah maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk. Dan aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, yang tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya."

Selain membaca doa pembuka majelis, disunnahkan juga untuk menutupnya dengan doa penutup majelis.

(nwy/nwy)