Komisi II Desak Mendagri Sanksi Wabup Lampung Tengah Joget Tanpa Prokes

Matius Alfons - detikNews
Senin, 28 Jun 2021 17:32 WIB
Pengacara, anggota dpr fraksi PDIP
Foto: Junimart Girsang (Ari Saputra)
Jakarta -

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang mendesak Mendagri Tito Karnavian memberikan sanksi kepada Wakil Bupati Lampung Tengah Ardito Wijaya lantaran diduga melanggar protokol kesehatan saat menghadiri pesta. Junimart menilai seharusnya Wabup justru menjadi contoh taat prokes bagi masyarakat.

"Semestinya public figure harus sebagai contoh taat tertib prokes di masa pandemi yang semakin mengganas ini. Apalagi para pimpinan di daerah sudah mendapatkan penegasan dari Mendagri melalui SE (Surat Edaran)," kata Junimart saat dihubungi, Senin (28/6/2021).

Dengan demikian, Junimart meminta agar sanksi diberikan kepada Wabup Lampung Tengah yang justru mencontohkan dugaan pelanggaran prokes di tengah lonjakan pandemi Corona. Dia meminta Mendagri Tito memberikan sanksi sesuai UU Pemda.

"Menurut saya perilaku salah seorang pimpinan daerah di Lampung patut untuk mendapatkan sanksi sesuai UU Pemda dari Mendagri sekaligus sebagai percontohan kepada pimpinan daerah yang lain," ucapnya.

Tak hanya itu, Junimart juga meminta pihak kepolisian meneruskan proses hukum terhadap Wabup Lampung Tengah tersebut. Dia lantas mengambil contoh kasus pelanggaran prokes oleh Habib Rizieq yang juga diproses oleh pihak kepolisian.

"Tentang LP di Kepolisian kita menunggu bagaimana hasil penyelidikan oleh Kepolisian yang bisa saja naik ke tahap penyidikan untuk diproses lebih lanjut. Kita apresiasi masyarakat pelapor karena sudah berperanserta untuk mensosialisasikan wajib prokes. Setuju (diproses seperti Habib Rizieq) sesuai bukti-bukti tentunya," ujarnya.