PKS Dukung Proses Hukum Wabup Lampung Tengah, Ungkit Kasus Habib Rizieq

Matius Alfons - detikNews
Senin, 28 Jun 2021 09:56 WIB
Jakarta -

PKS mendukung pelaporan ke pihak kepolisian terhadap Wakil Bupati Lampung Tengah Ardito Wijaya lantaran diduga melanggar protokol kesehatan saat menghadiri pesta. PKS meminta semua pihak juga berfokus membangun kesadaran terhadap pandemi COVID-19.

"Proses tetap berjalan, tapi yang perlu kesadaran semua, dan kadang, memang situasi kondisi di lapangan perlu dipertimbangkan," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera saat dihubungi, Senin (28/6/2021).

Mardani menyebut kesalahan Wakil Bupati Lampung Tengah juga karena pihak yang membuat hajatan. Tak hanya itu, ajakan masyarakat untuk berjoget juga menjadi alasan Wabup Lampung Tengah jadi ikut berjoget.

"Salahnya iya. Tapi kesalahannya jadi relatif. Permintaan empunya hajat, ajakan warga desa hingga suasana kegembiraan, bukan hanya konten tapi juga konteks," katanya.

Atas dasar itulah, anggota Komisi II DPR RI ini meminta UU Karantina Kesehatan mulai difokuskan untuk membangun kesadaran masyarakat terhadap pandemi Corona. Dia lantas menyinggung kasus Habib Rizieq yang menurutnya salah fokus penindakan.

"Ini bukti salah arah penanganan pandemi. Proses sosialisasi belum tuntas. Akan ada banyak korban jika fokusnya pada penindakan. HRS adalah contoh korban salah fokus. Mestinya penerapan UU Karantina Kesehatan pada membangun kekuatan sosial untuk tangguh menghadapi pandemi berbasis kesadaran. Bukan mengedepankan hukum. Virus akan 'menghajar' masyarakat karena kebijakan pemerintah yang tidak fokus dan tidak berbasis sains," ujarnya.

"Waktu dan tenaga habis untuk menghukum orang sementara korban pandemi kian banyak," imbuhnya.

Simak selengkapnya alasan masyarakat laporkan Wabup Lampung Tengah ke polisi di halaman berikutnya.