Round-Up

Cerita Fahri Hamzah yang Terus Menolak Masuk Istana

Tim detikcom - detikNews
Senin, 28 Jun 2021 07:59 WIB
Jokowi-Maruf bersama Fahri Hamzah dan Fadli Zon (YouTube Setpres)
Foto: Jokowi-Ma'ruf bersama Fahri Hamzah dan Fadli Zon (YouTube Setpres)

Saat Fahri Didorong Gantikan Moeldoko di KSP Tapi Menolak

Deputi Balitbang Partai Demokrat Syahrial Nasution menyebut mantan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah cocok menggantikan Moeldoko sebagai Kepala KSP. Syahrial menyampaikan hal itu melalui akun Twitter-nya, Minggu (28/3).

Dia turut me-mention Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Fahri Hamzah dalam cuitannya. Menurut Syahrial, sebagai tokoh muda yang kritis, Fahri cocok menjabat KSP.

"Mengamati pergerakan bro @Fahrihamzah sebagai tokoh muda kritis tapi luwes, layak untuk mengganti KSP Moeldoko. Menjadi jembatan yang kokoh bagi Presiden @jokowi baik ke kanan, tengah maupun kiri," tulis Syahrial. Ejaan dalam cuitan sudah disesuaikan.

Merespons dorongan itu, Fahri mengaku sedang tidak siap menjadi pejabat negara untuk saat ini. Fahri menyebut saat ini lebih memilih menjadi rakyat. Menurutnya, menjadi rakyat bisa lebih bebas melakukan pergerakan.

"Karena saya memang lagi nggak siap jadi pejabat sekarang ini, saya itu maunya jadi rakyat. Kalau jadi pejabat kan capek," kata Fahri di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (1/4/2021).

Di Tengah Hiruk Pikuk Posisi Jubir Presiden, Fahri Hamzah Juga Menolak Posisi Jubir

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman dikabarkan akan menjadi duta besar. Sampai saat ini belum diketahui siapa yang akan menggantikan posisi Fadjroel ataupun nasib eksistensi posisi jubir ke depannya. Apakah Fahri Hamzah mau?

Nama wakil ketua umum Partai Gelora itu sempat masuk ke isu reshuffle kabinet setelah didorong elite Partai Demokrat. Fahri Hamzah juga kerap mengkritik komunikasi Istana yang disebutnya bak pemadam kebakaran. Meski demikian, Fahri mengaku tak tertarik menjadi jubir Presiden Jokowi.

"Aku lagi nggak siap jadi pejabat. Nanti aja 2024. Sekarang jadi rakyat biasa dulu. Menyelami apa yang terjadi di bawah," kata Fahri kepada wartawan, Minggu (27/6/2021).

Fahri mengatakan masih banyak orang selain dia yang mampu mengisi posisi jubir. Dia menegaskan akan pensiun terlebih dahulu kalaupun ditawari untuk jadi jubir.

"Banyak orang jago. Kalau aku mau pensiun aja dulu," ujarnya.


(eva/lir)