Animo Tinggi, Vaksinasi Massal di Kebumen Diprediksi Lampaui Target

Rinto Heksantoro - detikNews
Sabtu, 26 Jun 2021 16:59 WIB
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama seluruh jajaran Forkompinda menyatakan pelaksanaan vaksinasi massal dilakukan di tiga titik, yakni Gedung Sekda, Universitas Putra Bangsa dan di STIKES Muhammadiyah Gombong.
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom
Kebumen -

Pemerintah Kabupaten Kebumen bersama TNI dan Polri melakukan vaksinasi massal untuk masyarakat umum hari ini. Ini merupakan program nasional untuk mewujudkan 1 juta vaksin yang dilakukan secara serempak di seluruh daerah dalam sehari.

Dalam pantauannya, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama seluruh jajaran Forkompinda menyatakan pelaksanaan vaksinasi massal dilakukan di tiga titik, yakni Gedung Sekda, Universitas Putra Bangsa dan di STIKES Muhammadiyah Gombong.

"Hari ini ada program serbuan vaksin TNI Polri dengan target 1 juta vaksin dalam sehari. Di Kebumen sendiri kita menyiapkan 4.000 vaksin untuk tiga tempat. Alhamdulillah antusias masyarakat sangat tinggi. Bahkan saya dengar sudah ditambah lagi," kata Arif di Gedung Sekda Kebumen, Sabtu (26/6/2021).

Arif menegaskan pihaknya akan terus menggencarkan vaksin untuk masyarakat karena Kebumen punya jatah 1 juta vaksin yang ditargetkan selesai terdistribusikan pada tahun 2021 ini. Pelayanan vaksin selanjutnya akan tetap dilaksanakan di puskesmas tiap-tiap Kecamatan.

"Alhamdulillah di Kebumen sendiri penyerapannya cukup bagus. Nomor dua di Jateng setelah Semarang. Tentu ini menandakan masyarakat Kebumen sudah tergugah hatinya untuk mau menjaga diri dan keluarga dengan mengikuti vaksinasi. Tidak lagi termakan hoax," ujarnya.

Diungkapkannya, sesuai arahan Presiden Joko Widodo dalam video conference, pelaksanaan 1 juta vaksin ini untuk menambah lagi dua kali lipat jumlah vaksinasi. Maka Pemkab pun siap melaksanakan.

Meski sudah divaksin, Arif meminta masyarakat agar tetap menjaga prokes dengan mematuhi 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

"Jadi sesuai arahan Presiden tadi, kami siap, kalau dua kali lipat, kita tambah lagi jadi 8 ribu vaksinasi dalam satu hari. Terus jangan mentang-mentang sudah divaksin, terus merasa kuat ke mana-ke mana nggak pakai masker, tidak taat prokes. Ini jangan sampai, kita nggak boleh sombong dan harus eling dan waspada," tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama menambahkan target pertama dalam program vaksinasi ini sebesar 4.000. Namun dengan melihat antusias masyarakat yang cukup tinggi, ia yakin target itu bisa terlampaui, bahkan sampai 6.000 vaksin.

"Kita juga bersyukur berkat dukungan dari Pemkab dan semua pihak vaksinasi ini berjalan dengan lancar, masyarakat bisa terlayani dengan baik. Vaksinasi ini gencar kita laksanakan, karena memandang keselamatan masyarakat itu nomor satu. Jadi akan kita terus tingkatkan," ungkap Piter.

(ncm/ega)