Agar Hidup Berkah, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan

Kristina - detikNews
Sabtu, 26 Jun 2021 11:02 WIB
Ilustrasi pasangan berdoa
Foto: Getty Images/Rifka Hayati/Agar Hidup Berkah, Ini Amalan yang Bisa Dilakukan.
Jakarta -

Hidup berkah adalah idaman bagi setiap muslim. Dikutip dari buku Agar Hidup Selalu Berkah karya Habib Syarief Muhammad Alaydrus, berkah diambil dari bahasa Arab baraka-yabruku-burukan wa barakatan, yang artinya kenikmatan dan kebahagiaan.

Keberkahan hidup dimaknai sebagai sesuatu yang bernilai kebaikan. Untuk mendapatkan keberkahan, rahmat dan petunjuk sangat diharapkan dari Allah SWT. Keberkahan juga dapat dicapai ketika seseorang mengerjakan amal saleh atau kebajikan.

Allah SWT telah berpesan pada hambaNya untuk berbuat kebajikan, salah satunya dalam QS An-Nahl ayat 97:

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةًۚ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ - ٩٧

Arab latin: Man 'amila ṣāliḥam min żakarin au unṡā wa huwa mu`minun fa lanuḥyiyannahụ ḥayātan ṭayyibah, wa lanajziyannahum ajrahum bi`aḥsani mā kānụ ya'malụn

Artinya: "Barangsiapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan Kami beri balasan dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan."

Salah satu kunci hidup berkah adalah sedekah. Sedekah merupakan amalan yang sangat mulia, baik di mata sesama manusia maupun di mata Allah SWT. Ustaz Masykur Arif dalam bukunya Hidup Berkah dengan Sedekah mengatakan, sedekah adalah memberikan atau mengeluarkan materi, jasa, kebaikan, dan lain sebagainya.

Para ulama fiqih sepakat bahwa sedekah hukumnya sunnah. Akan tetapi, Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk bersedekah. Sedekah merupakan bukti dari keimanan seseorang dan setiap orang bisa bersedekah, baik yang kaya maupun miskin.

Bersedekah dapat mendatangkan rezeki berlipat ganda. Orang yang bersedekah diibaratkan sedang menanam sebuah biji atau sebutir benih yang akan menumbuhkan tujuh pulir atau buah. Pada masing-masing buah yang tujuh terdapat seratus biji yang akan menghasilkan buah baru. Artinya, orang yang bersedekah satu kali saja akan diberikan balasan berkali-kali lipat.

Perumpamaan tersebut termaktub dalam QS. Al Baqarah ayat 261:

مَّثَلُ ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَٰلَهُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِى كُلِّ سُنۢبُلَةٍ مِّا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَٱللَّهُ يُضَٰعِفُ لِمَن يَشَآءُ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Arab latin: Maṡalullażīna yunfiqụna amwālahum fī sabīlillāhi kamaṡali ḥabbatin ambatat sab'a sanābila fī kulli sumbulatim mi`atu ḥabbah, wallāhu yuḍā'ifu limay yasyā`, wallāhu wāsi'un 'alīm

Artinya: "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

Sedekah tidak semata dengan harta baik uang atau barang. Tiap-tiap kebaikan bahkan sekecil senyuman kepada orang lain termasuk sedekah, yang menjadikan hidup berkah kenyataan. Dalam hadits riwayat Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:

مَعْرُوفٍ صَدَقَةٌ وَإِنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ وَأَنْ تُفْرِغَ مِنْ دَلْوِكَ فِي إِنَاءِ أَخِيكَ

Artinya: "Tiap-tiap amalan ma'ruf (kebaikan) adalah sedekah. Sesungguhnya, di antara amalan ma'ruf adalah berjumpa kawan dengan wajah ceria (senyum) dan mengurangi isi embermu untuk diisikan ke mangkuk kawanmu." (HR Ahmad).

(row/row)