5 Tips Program Hamil Makin Sukses!

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 19:09 WIB
Ovutest
Foto: Dok. Ovutest
Jakarta -

Setiap pasangan tentu mendambakan kehidupan yang sempurna setelah menikah, termasuk dengan hadirnya seorang anak. Keinginan untuk memiliki anak ini bisa ditempuh salah satunya melalui program hamil atau promil.

Tentunya program ini harus melalui langkah-langkah yang tepat supaya efektif dan membuahkan hasil positif. Bagi Anda yang sedang mengupayakan kehadiran buah hati di tengah-tengah keluarga, yuk simak tips sukses melakukan program hamil bersama pasangan, seperti dikutip dari Live Science berikut ini.

Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Tahukah kamu berat badan dapat mempengaruhi peluang untuk hamil? Berdasarkan hasil sebuah studi menunjukkan wanita dengan berat badan berlebih memiliki waktu 2 kali lebih lama untuk hamil, dibandingkan wanita yang indeks massa tubuh (BMI)-nya berada di kisaran normal.

Sedangkan wanita yang berat badannya kurang membutuhkan waktu 4 kali lebih lama untuk bisa hamil dan mempunyai anak. Hal yang sama diperkuat dengan penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal PLOS One. Oleh karena itu penting untuk menjaga berat badan tetap ideal demi meningkatkan kesuksesan program hamil.

Konsumsi Makanan Bernutrisi

Selama menjalani program hamil wajib untuk setiap calon Ibu untuk memperhatikan pola makannya. Perbanyaklah mengonsumsi makanan bergizi tinggi, yang terdiri dari makanan berprotein, bervitamin, dan tinggi zat besi.

Terutama makanan yang kaya akan antioksidan seperti folat dan zinc karena dapat meningkatkan kesuburan bagi pria maupun wanita. Selain itu sebisa mungkin hindari junk food, minuman bersoda, kafein, serta gula, ya.

Lengkapi dengan Vitamin Prenatal

Wanita yang mencoba untuk hamil disarankan mulai mengonsumsi vitamin prenatal, bahkan jauh sebelum merencanakan kehamilan. Hal ini untuk memastikan calon Ibu memiliki nutrisi yang dibutuhkan saat terjadi kehamilan.

Vitamin prenatal dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Sebaiknya perbanyak konsumsi makanan atau multivitamin yang mengandung asam folat untuk menghindari risiko infertilitas ovulasi. Selain itu, mikronutrien di dalamnya diketahui memiliki peran penting dalam meningkatkan kesuburan.

Frekuensi Hubungan Intim

Saat sedang menjalani program hamil, pasangan suami istri dianjurkan oleh para ahli rutin berhubungan dua hingga tiga kali dalam satu minggu. Namun, perlu diperhatikan waktu berhubungan intim supaya lebih berkualitas. Jangan lewatkan berhubungan dua hari sekali saat masa subur dan saat ovulasi karena dapat meningkatkan peluang kehamilan.

Ketahui Masa Subur secara Tepat

Dengan mengetahui masa subur wanita setelah haid dapat menjadi cara untuk memperbesar peluang suksesnya program hamil. Untuk itu, penting bagi wanita memiliki catatan periode menstruasi secara detail. Apalagi siklus menstruasi tiap wanita berbeda-beda. Catat di aplikasi Femometer, aplikasi kalender masa subur membantu prediksi masa subur dengan kelebihan mendapatkan poin dan ditukarkan dengan produk alat uji masa subur dari Ovutest.

Ovutest Foto: Dok. Ovutest

Perlu diingat, aplikasi hanya memprediksi kapan masa subur Anda. Anda bisa memastikan kapan masa subur dimulai dan ovulasi terjadi dengan menggunakan alat uji masa subur Ovutest dari PT Danpac Pharma. Alat ini tersedia dalam 5 varian, yakni Ovutest Strip, Ovutest 7 Days Plan, Ovutest Digital, Ovutest Scope, dan Ovutest Vinca. Selain praktis, kelima varian tersebut memiliki hasil yang akurat hingga lebih dari 99% dalam mendeteksi masa subur dan ovulasi wanita.

Ovutest Foto: Dok. Ovutest

Varian Ovutest Strip, Ovutest 7 Days Plan, dan Ovutest Digital mendeteksi masa subur melalui media urine yang diambil setelah berpuasa makan dan minum selama minimal 2 jam. Waktu tes terbaik dilakukan di antara pukul 10.00-20.00 agar hasil yang didapatkan maksimal.

Ovutest Foto: Dok. Ovutest

Varian lainnya dari Ovutest yang ekonomis karena dapat dipakai berulang kali (reusable), yakni Ovutest Scope dan Ovutest Vinca. Ovutest Scope dapat mendeteksi masa subur dan ovulasi dari peningkatan hormon estrogen lewat air liur. Sedangkan, Ovutest Vinca mendeteksi masa subur dan ovulasi dari lonjakan suhu basal tubuh yang dipengaruhi oleh hormon progesteron.

Semuanya bisa didapatkan dengan mudah di apotek, toko obat, dan e-commerce. Check promo di official store Danpac Pharma.

[Gambas:Instagram]



(ads/ads)