Catat! Begini Cara Mengetahui Masa Subur bagi Wanita PCOS

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 19:12 WIB
masa subur
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Penting bagi wanita untuk mengetahui masa subur. Terutama bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan. Masa subur sering disebut sebagai fase ovulasi, yakni kondisi di mana sel telur sudah dalam keadaan matang dan siap untuk dibuahi oleh sperma, kemudian sel telur tersebut akan dilepaskan dari ovarium. Adapun cara mengetahui masa subur yaitu dengan mengetahui panjang siklus menstruasi.

Normalnya wanita memiliki siklus menstruasi selama 28 hari. Siklus menstruasi dianggap tidak teratur apabila berlangsung kurang dari 24 hari atau lebih dari 38 hari.

Sayangnya, banyak sekali wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur sehingga kesulitan mengetahui masa suburnya. Ada banyak faktor penyebab siklus menstruasi tidak teratur yang mempengaruhi masa ovulasi. Salah satunya yaitu PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) yang merupakan kondisi wanita dengan kadar hormon androgen yang berlebihan, sehingga mencegah sel telur matang dan dilepaskan ke saluran tuba.

Dikutip dari Instagram LIVE @ovutest_id pada beberapa waktu lalu, dr. Arie Aldila Pratama, Sp.OG seorang dokter spesialis kandungan dari RSIA Tambak menjelaskan lebih lanjut kondisi PCOS pada wanita.

"Pasien PCOS bisa mengalami ovulasi secara spontan. Artinya pasien PCOS memiliki kesempatan hamil spontan atau alami. Syaratnya adalah komitmen dan disiplin dalam melakukan modifikasi lifestyle, penurunan berat badan 5-10% dalam 3-6 bulan, diet tinggi serat, kurangi asupan karbohidrat, menjaga waktu tidur minimal 8-10 jam/hari, lakukan olahraga rutin dan konsumsi suplemen asam folat," kata dr. Arie.

OvutestOvutest Foto: Ovutest

"Anjuran tersebut bertujuan untuk mengatur siklus haid normal kembali. Umumnya ovulasi terjadi 14 hari sebelum perkiraan haid berikutnya, di waktu itulah dianjurkan bagi pasien PCOS untuk rutin melakukan tes masa subur dengan Ovutest," lanjutnya.

Meski masa subur sulit diprediksi terutama pada wanita yang mengalami menstruasi tidak teratur, jangan khawatir karena PT Danpac Pharma menyediakan alat uji masa subur dengan merek Ovutest dalam 5 varian, yakni Ovutest Strip, Ovutest 7 Days Plan, Ovutest Digital, Ovutest Scope, dan Ovutest Vinca. Kelima varian ini praktis saat digunakan, hasilnya lebih dari 99% akurat dalam mendeteksi masa subur dan ovulasi, dan sudah tersedia di apotek, toko obat, dan e-commerce.

Varian Ovutest Strip, Ovutest 7 Days Plan, dan Ovutest Digital mendeteksi masa subur melalui media urine yang diambil setelah berpuasa makan dan minum selama minimal 2 jam. Waktu tes terbaik dilakukan di antara pukul 10.00 - 20.00 supaya hasilnya maksimal.

OvutestOvutest Foto: Ovutest

Varian lainnya dari Ovutest yang dapat digunakan berulang kali (reusable), yakni Ovutest Scope dan Ovutest Vinca. Ovutest Scope dapat mendeteksi masa subur dan ovulasi dari peningkatan hormon estrogen lewat air liur. Sedangkan, Ovutest Vinca mendeteksi lonjakan suhu basal tubuh yang dipengaruhi oleh hormon progesteron.

Pakai Ovutest pasti #TauMasaSubur #TauOvulasi

(ads/ads)