Pembawa Pisau Dekat Lokasi Sidang HRS Adalah Petugas Sudin KPKP Jaktim

Karin Nur Secha - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 18:04 WIB
Polisi Temukan Pisau-Ketapel Saat Periksa Pria di PN Jaktim
Polisi Temukan Pisau-Ketapel Saat Periksa Pria di PN Jaktim (Rakha/detikcom)
Jakarta -

Polisi mengamankan pria yang diketahui membawa pisau dan katapel ketika berada di sekitar lokasi sidang vonis Habib Rizieq, di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, kemarin (24/6). Lalu, siapakah pria tersebut?

Wakasat Reskrim Jakarta Timur Kompol Suardi mengungkapkan pria tersebut adalah pekerja okulasi anggur di Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Jakarta Timur. Pisau tersebut digunakan olehnya untuk bekerja sehari-hari.

"Sejak diamankan langsung dilakukan pemeriksaan dengan menghadirkan saksi-saksi. Dari Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Jaktim membenarkan bahwa yang membawa sajam (senjata tajam) tersebut adalah pekerja lapangan yang bertugas untuk melakukan pengembangan budi daya anggur dan pisau tersebut sehari-hari digunakan untuk okulasi batang pohon anggur," jelas Suardi saat dimintai konfirmasi, Jumat (25/6/2021).

"Iya betul. Iya dia petugas yang sehari-hari melakukan okulasi anggur," sambungnya.

Sebanyak 131 orang yang diamankan di Polres Jakarta Timur telah dipulangkan oleh pihak kepolisian semalam sejak pukul 22.00 WIB. Sedangkan keempat orang yang dinyatakan reaktif pada saat swab test antigen kini telah dirujuk ke Rusun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara, untuk isolasi.

"Yang hasil swab antigen reaktif langsung dibawa isolasi di Rusun Nagrak, Cilincing," kata Suardi.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah orang diamankan polisi di sekitar Pengadilan Negeri Jakarta Timur menjelang dimulainya sidang vonis Habib Rizieq Shihab. Mereka diangkut petugas menggunakan mobil Brimob dan meninggalkan pengadilan.

Sejumlah barang turut diamankan mulai dari pisau, katapel, hingga atribut FPI.

Lihat Video: Polisi Amankan Sejumlah Orang Jelang Vonis Rizieq, Ada yang Bawa Pisau!

[Gambas:Video 20detik]



(isa/dnu)