Beredar Daftar Calon Dubes, Pimpinan DPR Benarkan Rosan Roeslani untuk AS

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 18:03 WIB
Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani (tengah) didampingi Dubes Brasil utk Indonesia H.E. Mr. Ruben Antonio Correa Barbosa (ketiga kiri), anggota Komite Kadin untuk Brazil Igor Worang (kiri), anggota Komite Kadin Budi Handoko (kedua kiri), Ketua Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta Kamdani (keempat kanan), Ketua Kadin komite untuk Brasil Anderson Tanoto (ketiga kanan), Anggota Komite Kadin Chandy kusuma (kedua kanan) dan Anggota Komite Kadin Wahjudi Gunawan (kanan) berjabat tangan bersama usai pelantikan Kadin Komite Brazil di Jakarta, Rabu (2/5). Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia melantik Kadin Indonesia Komite Brazil tersebut sebagai sebuah komitmen untuk memperkuat kemitraan strategis, ekonomi bilateral dan hubungan bisnis antara Indonesia dan Brazil.
Rosan Roeslani (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Daftar nama calon Duta Besar (Dubes) RI untuk negara-negara sahabat dan organisasi internasional beredar di publik. Dalam daftar tersebut, ada nama Ketua Kadin, Rosan Roeslani, yang tercatat sebagai calon Dubes RI untuk Amerika Serikat (AS).

Daftar nama-nama calon Dubes RI itu disebut berdasarkan Surat Presiden RI Nomor R-25/Pres/06/2021 tertanggal 4 Juni 2021. Ada 33 nama calon dubes dalam daftar tersebut.

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad tidak memastikan bahwa daftar nama calon Dubes RI yang beredar benar adanya. Dasco mengaku tidak hafal satu per satu namanya.

"Nggak hafal secara mendetail," kata Dasco saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (25/6/2021).

Selain nama Rosan, dalam daftar tersebut ada nama juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman, dan salah seorang tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Zuhairi Misrawi. Sayangnya, Dasco hanya mengonfirmasi nama Rosan.

"Tapi kalau Rosan betul. Tapi yang lain saya nggak hafal," ucap Dasco. Dia menjawab pertanyaan apakah benar Rosan Roeslani dicalonkan jadi Dubes RI untuk AS.

Daftar nama calon Dubes RI yang beredar ada di halaman berikutnya.

Lihat juga video 'Wakil Ketua DPR: Terawan Mundur dari Pencalonan Dubes Spanyol':

[Gambas:Video 20detik]