Belajar dari Perjalanan Dagang Rasulullah SAW, Pekerja Keras Sejak Kecil

Kristina - detikNews
Sabtu, 26 Jun 2021 08:04 WIB
Ilustrasi Nabi Muhammad
Foto: Getty Images/iStockphoto/Zeynurbaba/Belajar dari Perjalanan Dagang Rasulullah SAW, Pekerja Keras Sejak Kecil.
Jakarta -

Ada banyak pelajaran yang bisa diambil dari kisah Rasulullah SAW. Salah satunya kegigihannya dalam berdagang sejak kecil, yang harus hidup dalam kondisi yatim piatu.

Perjalanan dagang Rasulullah SAW dimulai saat beliau berada dalam asuhan pamannya Abu Thalib. Berdagang merupakan profesi kebanyakan penduduk Mekkah. Abu Thalib adalah pedagang yang sukses dan dihormati.

Dikutip dari buku Rahasia Sukses Bisnis Khadijah Sang Istri Nabi yang ditulis Khoirul Amru Harahap, Nabi Muhammad SAW pernah melakukan perjalanan dagang bersama Abu Thalib ke Syiria. Perjalanan ini dilakukan ketika beliau berusia 12 tahun.

Sebelumnya, Abu Thalib telah merencanakan melakukan perjalanan bersama kelompok pedagang lain. Ketika itu, ia dirangkul oleh Nabi Muhammad SAW dengan penuh kasih sayang. Melihat keponakannya, dia merasa iba lalu mengajaknya ikut ke Syiria.

Sejak kecil, Rasulullah SAW terkenal rajin dan percaya diri. Beliau juga dikenal karena kejujuran dan integritasnya. Penduduk Mekkah memanggil beliau dengan sebutan ash-shiddiq (orang yang jujur) dan al-amin (orang yang terpercaya).

Dijelaskan dalam buku 14 Bagaimana Rasulullah SAW Membangun Kerajaan Bisnis karya Laode M. Kamaluddin, Rasulullah SAW lebih dari tiga kali melakukan perjalanan antar negara. Hasilnya, Rasulullah SAW mengenal banyak karakter orang sejak kecil.

Setelah dewasa Nabi SAW sadar pamannya bukan orang berada dan punya keluarga besar untuk dinafkahi. Rasulullah SAW mulai berdagang sendiri di Kota Mekkah.

Rasulullah SAW membina dirinya menjadi seorang pedagang profesional, yang memiliki reputasi dan integritas yang luar biasa. Beliau berhasil mengukir namanya di kalangan masyarakat bisnis pada khususnya dan kaum Quraisy pada umumnya.

Hingga pada suatu ketika, beliau dipertemukan dengan saudagar kaya Khadijah. Rasulullah SAW bekerja untuk Khadijah ke kota Busra di Syiria. Tercatat, beliau telah melakukan empat kali perjalanan dagang ke Yaman untuk Khadijah.

(row/row)