Warga dari Jawa Wajib Tes Antigen Corona Ulang Saat Tiba di Riau

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 25 Jun 2021 11:12 WIB
Tes antigen ulang di Pekanbaru bagi para penumpang pesawat (Raja-detikcom)
Tes antigen ulang di Pekanbaru bagi para penumpang pesawat (Raja/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Riau Syamsuar mewajibkan warga yang datang dari Pulau Jawa lewat Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, mengikuti tes antigen ulang. Hal itu demi mencegah penyebaran COVID-19 di Riau meluas.

Kebijakan itu dibuat Syamsuar selaku Ketua Satgas COVID-19 Riau, Selasa (23/6). Hal itu dilakukan setelah kasus positif Corona di Jawa meningkat tinggi.

"Bersama ini disampaikan kepada saudara untuk melakukan swab antigen bagi setiap penumpang yang datang dari Pulau Jawa di area kedatangan penumpang Bandara Sultan Syarif Kasim II," tulis Syamsuar dalam surat yang dikirim ke GM Angkasa Pura II Bandara Pekanbaru seperti dilihat detikcom, Jumat (25/6/2021).

Bagi penumpang yang tes antigennya menunjukkan hasil reaktif COVID-19, diwajibkan melakukan tes PCR. Sementara itu, penumpang yang hasil tes antigennya negatif dipersilakan melanjutkan perjalanan.

Executive GM Bandara SSK II Pekanbaru Yogi Prastyo mengatakan perintah Syamsuar itu sudah mulai dilaksanakan. Namun dia mengatakan tak semua penumpang dites antigen ulang saat tiba.

"Benar, adanya kebijakan itu. Mulai hari ini sudah kita berlakukan," kata Yogi.

Yogi mengatakan tes antigen hanya dilakukan terhadap beberapa orang dari tiap penerbangan. Dia mengatakan tidak semua orang yang tiba di Pekanbaru dites antigen lagi.

"Untuk sementara hanya dilakukan secara sampling dari setiap penerbangan. Tidak semua penumpang di-swab antigen," katanya.

Dia mengatakan Syamsuar dan sejumlah pejabat di Riau telah mengecek pelaksanaan tes antigen ulang tersebut.

"Pagi tadi sudah kunjungan Gubernur dan Kapolda. Bapak Gubernur dan Kapolda mengapresiasi upaya Angkasa Pura II mendukung pencegahan penyebaran COVID-19," katanya.

(ras/haf)