Pengacara Habib Rizieq Ditangkap di Depan PN Jaktim

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 15:52 WIB
Massa pendukung Habib Rizieq Shihab (HRS) bertahan di flyover Pondok Kopi. Mereka bertahan di sana sembari meneriakkan takbir.
Suasana di depan PN Jaktim saat sidang vonis Habib Rizieq. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Pengacara Habib Rizieq Shihab (HRS) bernama Kurnia ditangkap di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim). Penangkapan dilakukan sebelum sidang vonis digelar.

"Iya, jadi Ibu Kurnia pagi-pagi di pengadilan nggak tahu ada apa tiba-tiba ditangkap saja. Pada sidang putusan RS Ummi memang sangat ketat. Ketat sekali. Kita juga keluar setelah persidangan mutar-mutar sampai nyasar-nyasar naik motor. Jadi semuanya yang beraktivitas di depan pengadilan siapa pun itu, bahkan yang jauh pun ikut ditangkap juga," kata pengacara HRS, Sugito Atmo Pawiro, saat dihubungi, Kamis (24/6/2021).

Sugito tidak mengetahui alasan Kurnia ditangkap. Sugito mengatakan Kurnia saat ini diamankan di Polres Metro Jakarta Timur.

"Penyebabnya tidak tahu, yang jelas itu di depan pengadilan negeri dekat flyover sampai ujung PN Jaktim itu disterilkan. Jadi mungkin dia melakukan aktivitas apa, padahal dia pengacara, dia mau ikut sidang Habib Rizieq, tapi nggak tahu tiba-tiba ditangkap dan ini sekarang prosesnya lagi ada yang urus di Polres Jakarta Timur," jelasnya.

Sugito menyampaikan pihaknya sedang memberikan bantuan hukum kepada Kurnia. Dia memastikan Kurnia memang biasa hadir dalam sidang Habib Rizieq.

"Ditangkap dan diproses di Polres Jakarta Timur. Lagi ada tim pengacara yang urus," ujarnya.

"Iya, betul (pengacara HRS)," ungkap Sugito.

Polisi Sebut Kurnia Bukan Pengacara HRS

Kapolsek Cakung, Kompol Satria, mengaku tidak tahu ada pengacara Habib Rizieq bernama Kurnia yang ditangkap. Namun, dia menyebut ada wanita bernama Kurnia yang diamankan.

"Kurnia, kalau nama itu tidak ada dalam daftar nama kuasa hukumnya dari Bapak Habib Rizieq, tapi kalau mungkin Ibu Kurnia ditahan mungkin ada, tapi saya nggak tahu," ujar Satria.

Satria menyebut selama ini, yang dia ketahui, tidak ada pengacara Habib Rizieq bernama Kurnia. Dia menyebut banyak pihak yang memang mengaku sebagai pengacara Habib Rizieq.

"Bukan (pengacara HRS), karena memang banyak yang mengaku kuasa hukumnya Habib Rizieq, tapi selama ini saya selalu ditunjukkan siapa saja namanya karena memang mereka yang berhak untuk mendampingi di sidang," jelasnya.

Simak juga video 'Polisi Amankan Sekitar 150 Orang di Dekat Lokasi Sidang Vonis Rizieq!':

[Gambas:Video 20detik]



(run/haf)