Dites Antigen, 4 Pendukung HRS Ikut Aksi di Klender Reaktif COVID

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 14:25 WIB
Massa pendukung Habib Rizieq Shihab (HRS) bertahan di flyover Pondok Kopi. Mereka bertahan di sana sembari meneriakkan takbir.
Penampakan kerumunan massa pendukung HRS (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Polisi mengamankan ratusan pendukung Habib Rizieq Shihab (HRS) yang hendak melakukan aksi di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), tapi dihadang polisi di dekat Flyover Klender, Jaktim. Mereka kemudian dites swab antigen, dan hasilnya ada 4 orang yang reaktif COVID-19.

"Itu ada 152 di Polres, sisanya ada 100 lebih di Polda, dan ada 21 di Polsek Cakung. (Ada) 4 orang reaktif di Polres, ini masih kita coba cek, kita tangani bersama Satgas COVID," ujar Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan kepada wartawan, Kamis (24/6/2021).

Erwin menjelaskan situasi per pukul 13.30 WIB sudah kembali kondusif. Massa aksi sudah membubarkan diri dari sekitar Flyover Stasiun Klender.

"Situasi aman kondusif tidak ada pengumpulan masa," katanya.

Lebih lanjut, Erwin menjelaskan kondisi lalu lintas saat ini belum sepenuhnya kembali normal, sebab flyover di Jalan I Gustri Ngurah Rai baru dibuka sebagian. Flyover yang mengarah ke PN Jakarta Timur masih dilakukan penutupan karena dikhawatirkan akan menimbulkan kerumunan.

"Lalu lintas berjalan dengan lancar yang menuju ke Bekasi, tetapi flyover yang ke arah PN masih kami tutup dengan pertimbangan untuk mengantisipasi jangan sampai ada kerumunan di sekitar PN Jaktim, karena sidang sendiri masih berlangsung. Tentu ini kami harapkan dapat kita jaga sampai sidang selesai," ucapnya.

Seperti diketahui, massa pendukung Habib Rizieq hendak menggeruduk PN Jaktim untuk mengawal jalannya sidang vonis HRS dalam kasus tes swab RS Ummi Bogor. Namun aksi dari massa itu dihadang polisi di sekitar Flyover Klender, Jaktim.

Para pendukung HRS tidak terima aksinya dihadang polisi. Kericuhan pun sempat terjadi, hingga polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan kerumunan massa.

200 Orang Diamankan

Ratusan orang diduga simpatisan Habib Rizieq yang mendatangi PN Jakarta Timur diamankan pihak kepolisian. Hingga pukul 09.04 WIB, sebanyak 200 orang sudah diamankan polisi. Mereka diamankan karena dianggap berkerumun.

"(Sudah) 200 orang (diamankan)," ujar Kapolsek Cakung Kapolsek Cakung Kompol Satria Darma saat dihubungi detikcom, Kamis (24/6/2021).

Dari hasil pemeriksaan sementara, polisi mendapati sejumlah dokumen bertuliskan FPI. Selain itu, kepolisian juga tampak mengamankan buku rekening dan sejumlah laporan keuangan. Belum diketahui secara pasti untuk apa buku rekening dan sejumlah laporan keuangan itu.

Simak video 'Polisi Amankan Sekitar 150 Orang di Dekat Lokasi Sidang Vonis Rizieq!':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)