PPKM Mikro Diperketat, Pedagang Kaki Lima di DKI Tutup Pukul 20.00 WIB

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 09:50 WIB
Meski ditertibkan berulang kali, pedagang kaki lima tetap membandel dan nekat berjualan di atas trotoar di kawasan Tanah Abang, Jakarta. Begini penampakannya.
Ilustrasi PKL (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta menetapkan aturan ketat PPKM mikro imbas lonjakan tajam virus Corona (COVID-19). Pedagang kaki lima hanya boleh beroperasi sampai pukul 20.00 WIB.

Aturan itu tertuang dalam Keputusan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan menengah Nomor 334 Tahun 2021. SK itu ditandatangani oleh Plt Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Andri Yansyah.

"Menetapkan perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro di sektor perindustrian, perdagangan,koperasi, usaha kecil dan menengah selama 14 (empat belas) hari terhitung sejak tanggal 22 Juni 2021 sampai dengan tanggal 5 Juli 2021 sebagaimana tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari keputusan kepala dinas ini," bunyi SK tersebut seperti dikutip, Kamis (24/6/2021).

Aturan itu berlaku sejak 22 Juni-5 Juli mendatang sesuai dengan perpanjangan PPKM mikro di Jakarta. Pemprov DKI membatasi jam operasional pedagang kaki lima hanya sampai pukul 20.00 WIB dengan kapasitas 25 persen.

"Makan/minum di tempat maksimal 25 persen kapasitas pengunjung. Dine in sampai dengan pukul 20.00 WIB. Dapat melayani take away/delivery sesuai jam operasionalnya dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ketat, maksimal jam operasional sampai dengan pukul 20.00 WIB," ujarnya.

Tak hanya itu, aturan pembatasan jam operasional juga berlaku untuk pasar rakyat dan pusat perbelanjaan. Kemudian juga untuk toko swalayan yang hanya buka sampai pukul 20.00 WIB.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta menerbitkan Keputusan Gubernur tentang Perpanjangan PPKM Mikro. Kepgub itu memuat aturan terbaru terkait mal dan kafe selama masa PPKM mikro.

Ada 11 poin kegiatan yang diatur dalam Kepgub baru Anies ini. Mulai WFH 75 persen, mal, kafe, restoran hingga pasar juga wajib tutup pukul 20.00 WIB. Aturan itu berlaku di seluruh Jakarta, tidak tergantung zonasi berdasarkan kasus Corona di wilayahnya.

Simak video 'Kepgub Anies soal PPKM Mikro: Ibadah di Rumah, WFH 75%':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/mae)