Polisi Temukan Dokumen FPI Saat Periksa Sejumlah Orang di PN Jaktim

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Kamis, 24 Jun 2021 09:36 WIB
Jakarta -

Aparat kepolisian melakukan pemeriksaan dan mengangkut sejumlah orang yang diduga merupakan simpatisan Habib Rizieq Shihab (HRS). Dari hasil pemeriksaan, polisi mendapati sejumlah dokumen bertuliskan FPI.

"Ini sejumlah berkas-berkas yang kita amanin. Ada yang bertuliskan dari FPI Cianjur," ujar Wakapolres Jakarta Timur AKBP Fanani kepada wartawan di depan PN Jaktim, Kamis (24/6/2021).

Selain itu, kepolisian juga tampak mengamankan buku rekening dan sejumlah laporan keuangan. Belum diketahui secara pasti untuk apa buku rekening dan sejumlah laporan keuangan itu.

Sebelumnya, detikcom memantau di sekitar lokasi pukul 08.30, Kamis (24/6/2021), ada simpatisan HRS yang terdiri dari 9 sampai 10 orang diangkut petugas ke mobil brimob. Mereka terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Selain itu, petugas kepolisian juga memberhentikan sejumlah kendaraan yang dicurigai merupakan massa simpatisan HRS. Terlihat dari atribut yang digunakan.

Aparat kepolisian berjaga di sekitar lokasi memperhatikan setiap kendaraan yang melintas. Mobil-mobil pun tak luput diperiksa, jika petugas melihat pengendara menggunakan atribut yang identik dengan FPI maka akan segera diberhentikan.

Sementara itu, di lokasi terpantau ada penjagaan ketat dari aparat TNI-Polri. Ada juga mobil Anoa, Barracuda dan water canon disiagakan di lokasi.

Diketahui, Habib Rizieq dkk hari ini menjalani sidang pembacaan putusan. Habib Rizieq sebelumnya dituntut 6 tahun penjara terkait kasus swab RS UMMI.

(zap/dnu)