Alasan Jokowi Tetap Pilih PPKM Mikro Tekan Lonjakan COVID-19

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 16:16 WIB
Jakarta -

Pemerintah memutuskan kembali menerapkan PPKM berskala mikro demi menekan lonjakan kasus COVID-19. PPKM mikro dianggap tidak akan mematikan ekonomi rakyat.

"Kenapa pemerintah memutuskan PPKM mikro? Pemerintah melihat bahwa kebijakan PPKM mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk konteks saat ini, untuk mengendalikan COVID-19 karena bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pernyataan pers, Rabu (23/6/2021).

Keputusan itu diambil setelah pemerintah mempertimbangkan sejumlah opsi. Jokowi mengaku menerima masukan dari berbagai pihak, dari usulan pemberlakuan kembali PSBB hingga lockdown.

"Pemerintah telah mempelajari berbagai opsi penanganan COVID-19 dengan memperhitungkan kondisi ekonomi, kondisi sosial, kondisi politik di negara kita Indonesia, dan juga pengalaman-pengalaman dari negara lain," ujar Jokowi.

Jokowi menganggap PPKM mikro merupakan kebijakan paling tepat dalam penanganan COVID-19 di Indonesia. Dia meminta PPKM mikro dan lockdown tak dibenturkan.

"Pemerintah telah memutuskan PPKM mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk menghentikan laju penularan COVID-19 hingga ke tingkat desa atau langsung ke akar masalah yaitu komunitas," tutur Jokowi.

(knv/imk)