Giliran Kemenkumham 'Diceramahi' KPK soal Antikorupsi

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 16:02 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri dengan Wamenkumham Eddy OS Hiarie dalam acara PAKU Integritas, di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (23/6/2021),
Ketua KPK Firli Bahuri dengan Wamenkumham Eddy OS Hiariej. (Azhar/detikcom)

Menyambut para pimpinan, Wamenkumham Eddy OS Hiariej mengatakan bahwa integritas itu lekat dengan sumber daya manusia. Begitu pun akuntabilitas dan transparansi merupakan salah satu wujud pelayanan publik.

"Ketika kita bicara integritas, kita bicara tentang sumber daya manusia. Ketika kita bicara akuntabilitas dan transparansi, maka sesungguhnya kita bicara tentang pelayanan publik," kata Edward.

Selanjutnya, Edward menilai kegiatan pembekalan antikorupsi ini sebagai hal yang bermanfaat dan merupakan perwujudan dari paradigma baru hukum pidana. Keberhasilan sistem peradilan pidana menurutnya, tidak hanya pada banyak kasus yang ditangani, tetapi kepada aspek pencegahan.

"KPK selangkah lebih maju karena melakukan pendidikan dan pencegahan," katanya.

Sementara itu, para pasangan penyelenggara negara pembekalan antikorupsi disampaikan oleh Direktur Jejaring Pendidikan KPK Aida Ratna Zulaikha. Pada acara ini juga dihadirkan pasangan dari pimpinan KPK pada sesi berbagi.

Pertemuan ini dihadiri juga oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Freddy Harris, Direktur Jenderal Imigrasi Jhoni Ginting, Kepala Balitbang Sri Puguh Budi Utami dan Direktur Jenderal HAM Mualimin Abdi. Selanjutnya, Direktur Jenderal Pemasyarakatan Reynhard Silitonga, Kepala BPSDM Asep Kurnia, Kepala BPHN Benny Riyanto, dan Inspektur Jenderal beserta pasangan masing-masing.


(zak/zak)