Kemenkes Ungkap Ada Kecenderungan Varian Delta Menular ke Anak-anak

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 15:56 WIB

Lebih lanjut Maxi menjelaskan virus Corona bisa menyerang semua umur. Dia kemudian mencontohkan penyakit deman berdarah.

"Virus ini tipenya ini bisa menyerang untuk semua umur kalau dilihat dan itu bisa terjadi. Seperti dulu varian deman berdarah, kalau dilihat varian awal hanya untuk pada anak-anak, sesudah berkembang beberapa tahun kena pada orang dewasa. Jadi sifat virus itu setiap ada varian itu ada spesifikasinya," kata dia.

Maxi memaparkan angka kematian dari varian Delta ini terbilang rendah. Namun dia menekankan bahwa penularan virus Corona varian India yang begitu cepat menular dapat memberikan beban bagi fasilitas kesehatan.

"Tapi yang perlu dicatat, bukan meringankan, bukan membuat kita senang, memang cepat penularannya, tapi case fatality rate-nya, angka kematiannya, belum terbukti sangat ganas. Jadi angka kematiannya rendah. Tetapi kalau nanti banyak orang kena dan harus gejala ringan sampai sedang, itu dibawa ke rumah sakit, nggak ada rumah sakit, terbatas tempat tidurnya habis, ruang ICU-nya habis, ya seperti India oksigennya habis itu berarti angka kematiannya banyak. Jadi banyak orang kena, jadi banyak juga yang akan meninggal kalau itu fasilitas kesehatan kita nggak cukup lagi," katanya.


(lir/imk)