Bobby Akan Swab Antigen Semua Warga yang Masuk Medan Via Pelabuhan

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 15:25 WIB
Bobby Nasution sidak ke Sungai Deli, Medan
Bobby Nasution sidak ke Sungai Deli, Medan (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan pihaknya akan memperketat warga yang akan masuk ke wilayahnya. Bobby Nasution menyebut semua warga yang masuk Medan via transportasi laut akan dilakukan tes swab antigen meskipun telah memiliki surat negatif COVID-19.

"Khusus di Kota Medan ini berbatasan langsung dengan laut dan ada pelabuhan di sana. Kami juga selalu diingatkan dan ini juga akan kita terapkan. Oleh karena itu, siapa pun yang masuk dari pelabuhan, alat transportasi laut, ini akan kita coba lakukan swab antigen," kata Bobby dalam dialog di kanal YouTube Kemkominfo TV, Rabu (23/6/2021).

Bobby mengatakan Pemkot Medan juga akan menyiapkan laboratorium PCR di dekat pelabuhan. Warga yang reaktif swab antigen, kata Bobby, akan dilakukan tes PCR.

"Untuk dilanjutkan, kita siapkan juga lab PCR di dekat situ. Apabila ada yang reaktif, akan kita coba swab PCR. Apabila positif, akan langsung kita rujuk ke rumah sakit," kata dia.

Bobby Nasution mengatakan semua warga yang masuk akan menjalani swab tes antigen, meskipun mereka memiliki surat negatif swab antigen ataupun PCR.

"Walaupun masyarakat yang datang melalui transportasi laut sudah membawa surat ataupun sudah membawa surat dari daerah asalnya, sudah di-swab antigen, swab PCR setelah sampai di Kota Medan akan kita lakukan swab antigen dan swab PCR ketika reaktif dari swab antigennya," jelasnya.

Simak video 'WHO Tegaskan Vaksin Ampuh Lawan Varian Delta Meski Efikasinya Turun':

[Gambas:Video 20detik]