Kasus Corona Melonjak, 3 RS Rujukan COVID-19 di Cilegon Penuh

M Iqbal - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 13:54 WIB
Kabupaten Ciamis masuk zona merah COVID-19. Guna cegah lonjakan kasus, ruang isolasi untuk pasien COVID-19 pun ditambah di Rumah Sakit Umum (RSU) Dadi Keluarga.
Ilustrasi, rumah sakit (Foto: ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI)
Cilegon -

Kasus Corona (COVID-19) di Kota Cilegon mengalami lonjakan signifikan 10 hari terakhir. Akibatnya, sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 penuh.

Plt Kepala Dinkes Kota Cilegon Dana Sujaksani mengatakan lonjakan kasus Corona di Cilegon mengalami peningkatan 4,3 persen sejak 10 hari lalu. Angka positif per hari rata-rata 30-40 kasus.

"Secara umum bahwa di Kota Cilegon terjadi peningkatan yang cukup signifikan selama 10 hari terakhir ini, dan kalau dihitung-hitung tingkat kenaikan kasusnya itu 4,3 persen," kata Dana saat dikonfirmasi, Rabu (23/6/2021).

Berbanding terbalik dengan lonjakan kasus positif, tingkat kesembuhan pasien terjangkit virus Corona justru mengalami penurunan sebesar 5 persen, yakni menjadi 91%. Sebelum terjadi lonjakan, tingkat kesembuhan mencapai 96 persen.

"Kemudian tingkat kesembuhannya itu yang asalnya kita 96% itu menurun jadi kemarin 91%, kemudian tingkat kematian itu ada kenaikan 3,4% sampai hari ini," kata dia.

Akibat lonjakan itu, 3 rumah sakit rujukan di Kota Cilegon penuh. Bed occupancy rate (BOR) di 3 rumah sakit melebihi kapasitas yang tersedia.

"Dan BOR kita rumah sakit rujukan itu sudah melebihi 100%, baik itu di RSKM maupun di RSUD Kurnia itu sudah melebihi kapasitas," katanya.

(bal/isa)