Ketersediaan Tempat Tidur RS COVID di Pulau Jawa Semakin Menipis

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 06:30 WIB
Coronavirus. COVID-19. Copy space. 3D Render
Foto: Ilustrasi Corona (Getty Images/BlackJack3D)

Wiku pun menyarankan pemerintah di masing-masing provinsi mengambil sejumlah langkah. Dia meminta pemprov segera mengkonversikan tempat tidur di rumah sakit.

Selain itu, ia menyarankan agar fasilitas isolasi terpusat juga dibangun di masing-masing wilayah.

"Selain itu, dapat juga dilakukan konversi tempat tidur rumah sakit, atau menyediakan fasilitas isolasi terpusat di masing-masing wilayah agar beban dapat terbagi dan rumah sakit tidak kewalahan menangani pasien. Apabila seluruh provinsi-provinsi ini mampu menurunkan penambahan kasus positif dan meningkatkan kesembuhan, maka dapat mendongkrak angka kesembuhan di tingkat nasional pula," ucap Wiku.

Tak hanya itu, Wiku juga meminta para kepala daerah, khususnya di Pulau Jawa, mulai mengamati situasi perkembangan COVID-19. Dengan demikian, langkah antisipatif bisa segera diambil berkaitan dengan PPKM Mikro.

"Sesuai arahan Presiden pimpinan daerah di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota khususnya di Pulau Jawa, harus terbiasa mengamati situasi terkini dengan membaca data baik sehingga dapat segera dilakukan langkah antisipatif. Jadikan data sebagai basis pengambilan kebijakan penanganan COVID-19 sehingga kebijakan yang dihasilkan dapat tepat sasaran dan mampu mengendalikan lonjakan kasus," ujarnya.


(maa/haf)