Tes Acak Antigen di Stasiun, 5 Calon Penumpang KRL Reaktif COVID-19

Karin Nur Secha - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 18:58 WIB
VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba di Stasiun Tanah Abang, Senin (3/5/2021).
VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba (Farih/detikcom)
Jakarta -

PT KAI Commuter menggelar tes swab antigen Corona atau COVID-19 secara acak kepada calon penumpang di enam stasiun. Selama dua hari dilakukannya tes acak, ditemukan ada lima orang calon penumpang yang reaktif COVID-19.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba menyebut hingga hari ini telah dilakukan swab test antigen secara acak terhadap 310 calon penumpang. Dari jumlah tersebut, diketahui terdapat lima warga yang reaktif COVID-19.

"Sampai saat ini yang reaktif ada lima orang ya," ujar Anne saat ditemui di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (22/6/2021).

Kemudian mereka yang reaktif langsung diarahkan ke puskesmas terdekat untuk menjalani swab test PCR.

Anne mengatakan tak menutup kemungkinan jumlah swab test antigen yang diadakan diperbanyak. Namun hal tersebut akan dilihat dari evaluasi jumlah penumpang KRL selama beberapa hari ke depan.

"Namun jumlah penumpang kami dua hari ini justru jauh menurun ya, jauh menurun karena mungkin aturan-aturan seperti WFH itu sudah 75 persen, otomatis sisa 25 persen. Jadi kita melihat trennya. Ini makanya kita sample ini kan masih ada hingga lima hari ke depan. Nanti kita evaluasi lagi untuk membuat inisiatif lainnya untuk antisipasi penyebaran virus," jelas Anne.

Diketahui, PT KAI Commuter melakukan tes acak antigen virus Corona atau COVID-19 di enam stasiun di Jabodetabek. Pengecekan acak ini dilakukan sejak kemarin, Senin (21/6).

Tes acak berlangsung pagi dan sore hari. Pengecekan dilakukan karena adanya lonjakan jumlah kasus harian COVID-19.

Enam stasiun yang menggelar tes antigen acak ialah Stasiun Bogor, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikarang, Stasiun Tangerang, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Tanah Abang.

(yld/yld)