Wisma Isolasi DKI Penuh, PDIP Minta Pemprov Siapkan Hotel-Wisma Olahraga

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 08:41 WIB
Ketua Fraksi PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono.
Gembong Warsono (Dok. istimewa)
Jakarta -

Wisma isolasi pasien COVID-19 di Jakarta telah terisi penuh. Anggota DPRD DKI Jakarta meminta Pemprov mencari tempat lain untuk isolasi, seperti wisma olahraga dan penyediaan hotel.

Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan, jika Pemprov tak mampu menyediakan hotel, gedung yang dimiliki Pemprov DKI harus disulap menjadi tempat isolasi.

"Kalau hotel tidak, ya mau tidak mau ya fasilitas yang dimiliki Pemprov harus digunakan dalam rangka untuk mengantisipasi walaupun kita tidak kehendaki ya, tetapi persiapan itu harus tetap kita lakukan," kata Gembong kepada wartawan, Senin (21/6/2021).

Fasilitas itu, kata Gembong, adalah wisma olahraga yang dimiliki Pemprov DKI. Gembong menyebut gedung itu bisa digunakan untuk menampung pasien Corona.

"Misalkan fasilitas Pemprov yang belum termanfaatkan misalkan kayak wisma-wisma olahraga. Yang seperti itu bisa diberdayagunakan dalam rangka bentuk antisipasi jika ke depan ada lonjakan yang ke depan kita tidak kehendaki bersama," kata dia.

Sementara itu, Fraksi NasDem DKI Jakarta menyarankan Pemprov DKI melanjutkan pembayaran hotel yang telah diputus pemerintah pusat. Dia mengatakan penyediaan hotel menjadi salah satu alternatif untuk isolasi pasien Corona.

"Kita kan baru dapat informasi bahwasanya anggaran untuk isolasi di hotel sudah tidak lagi ditanggung oleh pemerintah pusat. Nah hari ini harus diperpanjang oleh Pemprov DKI Jakarta hotel-hotel tempat isoman," kata Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta, Wibi Andrino, saat dihubungi terpisah.

Dia mengatakan Pemprov DKI perlu meneruskan kebijakan itu. Selain itu, warga yang akan melakukan isolasi mandiri perlu mempelajari buku saku dan tata cara saat isolasi.

"Harus diadakan oleh Pemprov DKI Jakarta, perpanjang hotel-hotel itu kembali. Yang kedua, kita juga udah lihat semacam buku saku isolasi mandiri di rumah. Nah itu kan sudah, itu sebenarnya tujuan kita melakukan isolasi kita tahu tahapan-tahapannya, prosedur dari pada isolasi, koordinasi dengan puskesmas, RT/RW semua koordinasi. Jadi semua punya peran," tutur dia.

Simak video 'Corona Mengganas, Wisma Atlet Dikhawatirkan Kolaps dalam Sepekan':

[Gambas:Video 20detik]