Ratusan Anak DKI Kena Corona, PDIP Minta Sekolah Tatap Muka Dipikir Ulang

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 05:45 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Ratusan anak di DKI Jakarta terpapar virus Corona (Covid-19). Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta fraksi PDIP, Ima Mahdiah meminta agar Pemprov mempertimbangkan sekolah tatap muka pada tahun ajaran baru Juli mendatang.

"Kalau kejadian masih seperti sekarang (kenaikan angka Covid) sekolah tatap muka harus dipikir ulang lagi. Apalagi sekarang yang terpapar banyak anak kecil. Jika tatap muka tapi masuk dalam zona hijau harus sesuai kesepakatan dengan orang tua juga," kata Ima kepada wartawan, Senin (21/6/2021).

Ima mengatakan ratusan anak di DKI Jakarta tertular Corona karena klaster keluarga. Selain itu, anak-anak, menurut Ima tidak menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat bermain.

"Kalau menurut saya, karena sekarang klasternya sudah masuk ke level paling mikro, kluster keluarga. Karena keterbatasan orang tua, maka sebagian anak-anak itu tidak bisa terus ditahan untuk tidak keluar rumah. Mereka bermain di luar tanpa prokes yang ketat. Ini menjadi dilema juga sebetulnya," kata dia.

Lebih lanjut, Ima menyarankan sosialisasi protokol kesehatan digencarkan kepada anak-anak. Sehingga anak-anak menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

"Saran saya, sosialisasi prokes dimasifkan kepada anak-anak, sehingga mereka menjadi aware terhadap fungsi 3M," kata dia.

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Rani Mauliani mengatakan banyaknya anak terpapar virus Corona dipengaruhi oleh lingkungan. Dia menilai anak rentan terpapar jika aktivitas bermain tidak dibatasi.

"Bisa dibilang paparan ini bukan karena persoalan sekolah tatap muka, intinya dimana dan kapan saja anak-anak bisa terpapar, bisa jadi terpapar karena faktor orang tua, kerabat atau siapapun yang ada di sekitar tempat tinggal," kata Rani saat dihubungi terpisah.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Saksikan video 'Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di Jakarta Disetop!':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2