Pembatasan di Asia Afrika Mulai Berlaku, Jalanan Lengang Tanpa Kendaraan

Dwi Andayani - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 21:43 WIB
Plang pembatasan mobilitas dipasang di Jalan Asia Afrika Jakarta Pusat
Foto: Dwi Andayani/detikcom
Jakarta -

Pembatasan mobilitas di DKI Jakarta mulai diberlakukan di 10 titik. Salah satunya yang dibatasi ialah di Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat.

Pantauan detikcom, di lokasi Senin (21/6/2021), pukul 20.51 WIB, petugas kepolisian mulai memasang pembatas jalan atau barier oranye. Pembatas ini dipasang di traffic light di pertigaan hotel Fairmont.

Setelah melakukan pemasangan, belasan petugas kepolisian tampak mengarahkan pengendara mobil dan motor yang hendak mengarah ke Jalan Asia-Afrika untuk memutar arah. Para pengendara tidak diperbolehkan melintasi Jalan Asia Afrika.

Per pukul 21.15 WIB, tidak tampak satu pun mobil atau motor yang melintas di Jalan Asia Afrika.

Sementara itu, di sekitar lokasi pembatasan tampak 2 plang biru bertulisan 'Pembatasan Mobilitas Pengguna Jalan Pada Masa PPKM di Ruas/Jalan Asia-Afrika' dipasang oleh pihak kepolisian. Pada plang tersebut terlihat pembatasan akan mulai pukul 21.00-04.00 WIB.

Jalan Asia Afrika lengang tanpa kendaraan usai pemabtasan berlakuJalan Asia Afrika lengang tanpa kendaraan seusai pembatasan berlaku. (Dwi Andayani/detikcom)

Bagi pengendara dari FX Sudirman yang hendak menuju Asia Afrika diarahkan ke Patal Senayan. Sedangkan dari Patal Senayan menuju Asia Afrika dialihkan ke Sudirman.

Diketahui, pembatasan mobilitas ini akan dimulai malam nanti pukul 21.00 sampai pukul 04.00 WIB. Berikut ini rincian 10 titik yang dilakukan pembatasan:

1. Bulungan dari traffic light Bulungan belakang Kejagung sampai dengan kawasan Mahakam
2. Kemang dari pertigaan Kem Chicks kemudian sampai McD, sampai ke ujung arah selatan ke dekat Jalan Benda
3. Gunawarman, Suryo, dan SCBD dari Gunawarman depan KFC sampai pertigaan Apotek Senopati sampai lurus ke Santa-Blok S
4. Sabang sepanjang Jalan Sabang
5. Cikini Raya dari Jalan Cikini sampai dengan Raden Saleh
6. Asia Afrika dari traffic light pertigaan Hotel Fairmont sampai pertigaan Pakubuwono, Mustopo, Senayan City
7. BKT sepanjang jalan BKT
8. Seluruh kawasan Kota Tua Jakbar, dari Hayam Huruk sampai Kunir Stasiun Beos
9. Boulevard Kelapa Gading
10. Kawasan PIK, yaitu PIK 2 setelah menyeberang jembatan

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pembatasan ini untuk menekan laju penularan COVID-19.

"Kemarin itu Jakarta saja ada 5.582 positif aktif yang ada di Jakarta, BOR Jakarta ini sudah mendekati 80 persen sekitar 20 persen lagi," ujar Kombes Yusri Yunus dalam jumpa pers.

Yusri mengatakan 10 titik yang akan dibatasi adalah Bulungan, Kemang, Gunawarman, dan Senopati, Sabang, Cikini Raya, Jalan Asia Afrika, BKT, Kawasan Kota Tua Boulevard Kelapa Gading, serta PIK.

"Jakarta sedang tak baik-baik saja," terang Yusri.

(dwia/maa)