Round-Up

Tega Ulah Perwira Pukul Petugas Jaga hingga Makan Pun Tak Bisa

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 21:01 WIB
Viral Perwira Polisi Pukul Petugas Jaga Polda Riau
Viral Perwira Polisi Pukul Petugas Jaga Polda Riau (Tangkapan Layar Video Pemukulan)

Peristiwa pemukulan terhadap petugas jaga Polda Riau, Bripda FZ, memunculkan kekhawatiran. Kompolnas khawatir bawahan Kompol RW juga melakukan tindakan serupa saat berhadapan dengan warga.

"Kompolnas menyayangkan peristiwa tersebut. Tindakan kekerasan oleh atasan akan diikuti ketika anggota berhadapan dengan masyarakat," ujar Ketua Harian Kompolnas, Benny Mamoto, saat dihubungi, Senin (21/6/2021).

Kompolnas juga menyesalkan aksi Kompol RW yang langsung main pukul. Sebab, diyakini masih banyak cara lain dalam mendidik anggota.

"Mengenai tindakan yang dilakukan oleh atasan terhadap anggota tersebut, kami juga menyayangkan tindakan kekerasan tersebut. Karena ada cara lain yang mendidik," tuturnya.

Tapi Kompolnas tak memungkiri kekerasan oleh senior terhadap junior memang kerap terjadi. Hanya, budaya tersebut kini sudah dilarang.

"Dulu masih sering terjadi kekerasan senior terhadap juniornya di lembaga pendidikan. Sekarang budaya kekerasan ini di lembaga pendidikan pun sudah dilarang," ucap Benny.


(zak/zak)