Anita Wahid Minta Jokowi Batalkan Pemberhentian 51 Pegawai KPK!

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Senin, 21 Jun 2021 17:58 WIB
Anita Wahid
Anita Hayatunnufus atau Anita Wahid (Ari Saputra/detikcom)

Seperti diketahui, nasib 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai ASN melalui tes wawasan kebangsaan (TWK) disebut telah ditentukan. Mereka dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 24 orang disebut bisa dibina lagi dan 51 pegawai KPK yang disebut tidak bisa dibina.

Redaksi detikcom mendapatkan Berita Acara Rapat Koordinasi Tindak Lanjut Hasil Asesmen Tes Wawasan Kebangsaan dalam Rangka Pengalihan Pegawai KPK Menjadi ASN yang diteken pada 25 Mei 2021. Dalam dokumen itu tertulis yang menandatangani, yaitu MenPAN RB Tjahjo Kumolo, Menkumham Yasonna Laoly, Kepala BKN Bima Haria Wibisana, Ketua LAN Adi Suryanto, Ketua KASN Agus Pramusinto, dan 5 pimpinan KPK Firli Bahuri, Alexander Marwata, Nurul Ghufron, Lili Pintauli Siregar, serta Nawawi Pomolango.

Dalam berita acara itu, disebutkan sebanyak 1.271 pegawai KPK yang lulus TWK dilantik sebagai ASN pada 1 Juni 2021. Sisanya, sebanyak 75 pegawai KPK dibagi menjadi 24 orang dan 51 orang.

"Sebanyak 24 orang akan mengikuti pendidikan pelatihan bela negara dan wawasan kebangsaan," demikian tertulis dalam berita acara itu.

"Sebanyak 51 orang diberhentikan dengan hormat sebagai pegawai KPK sampai dengan 1 November 2021," begitu keterangan selanjutnya.


(zak/zak)