Round-Up

Fakta di Balik Viral APD Bekas Berserakan di Pusara

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 20 Jun 2021 22:31 WIB
Permintaan akan alat pelindung diri (APD) meningkat di tengah melonjaknya kasus Corona di India. Para buruh wanita di sana pun kerja lembur demi memproduksi APD
Ilustrasi APD (Foto: Getty Images/Abhishek Chinnappa)
Bogor -

Sebuah foto beredar di media sosial menampilkan alat pelindung diri (APD) bekas berserakan di pusara TPU Pondok Rajeg, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Fakta di balik serakan APD itu diungkap polisi.

Dalam foto yang beredar, terlihat sejumlah APD bekas berserakan di atas pusara. Selain itu, tampak sampah plastik yang juga berserakan.

Kasubag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspita memberi penjelasan. Menurutnya, APD tersebut milik petugas pemakaman yang tengah beristirahat setelah memakamkan jenazah.

"Sedang melaksanakan pemakaman dan petugas sedang istirahat sehingga belum sempat dibereskan," kata Ita lewat keterangan tertulis, Minggu (20/6).

Ita menjelaskan, petugas pemakaman saat itu belum sempat membersihkan APD yang berserakan. Sebab, mereka harus langsung memakamkan jenazah korban lain.

"Dikarenakan para petugas makam yang harus langsung kembali memakamkan jenazah yang lokasinya berderetan," kata Ita.

Namun Ita memastikan APD tersebut saat ini sudah dibersihkan. APD bekas yang tertinggal juga sudah dimusnahkan dan makam sudah dalam kondisi bersih.

"APD yang bekas dipakai saat itu, telah dimusnahkan dengan cara dibakar dan kondisi makam telah dalam keadaan bersih," ujar Ita.

(fas/isa)