Kadisdik Sumut Minta Maaf Portal PPDB Bermasalah, Janji Segera Perbaiki

Datuk Haris Molana - detikNews
Minggu, 20 Jun 2021 16:36 WIB
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah)
Ilustrasi PPDB (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Medan -

Sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) Sumatera Utara (Sumut) mengalami gangguan sejak awal pendaftaran. Kadisdik Sumut pun telah meminta maaf dan berjanji segera memperbaiki sistem tersebut.

"Terkait hal itu Pak Kadis Pendidikan sudah dipanggil Pak Wakil Gubernur. Beliau sudah menjelaskan dan minta maaf kepada pimpinan, dan kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara. Memang dalam pelaksanaannya ada gangguan sistem sehingga perlu perbaikan," kata Kepala Inspektorat Sumut Lasro Marbun dimintai konfirmasi, Minggu (20/6/2021).

Lasro menyebutkan agar masyarakat tidak dirugikan, dinas pendidikan sedang melakukan perbaikan. Nantinya, pada 28 Juni pendaftaran PPDB jalur zonasi bakal dibuka kembali.

"Jadi supaya masyarakat nggak dirugikan, akan ada perbaikan gangguan sistem dulu. Tanggal 17 sampai tanggal 27 Juni. Baru tanggal 28 Juni sampai tanggal 2 Juli, kalau nggak salah dibuka kembali untuk PPDB jalur zonasi SMA maupun SMK. Jadi beliau minta maaf atas nama dinas pendidikan dan pribadi beliau sudah menyatakan permohonan maafnya, mudah-mudahan setelah perbaikan gangguan sistem akan lancar," ucapnya.

Selain itu, Lasro menyebut bahwa pihaknya sejak awal melakukan pemantauan terhadap PPDB tersebut. Dia mengaku memang sejak awal sistem tersebut tidak maksimal.

"Kalau kami sih begitu hari pertama kan kita mengadakan monitoring. Memang sinkron dengan pengakuan Pak Kadis, kita menemukan memang sistem itu ada gangguan begitu. Jadi lemot, lama, jadi memang rekomendasi kita dipikir ulang penggunaan sistem yang ada itu. Memang sudah kita monitor dan terus kita monitor karena ini kan hal paling penting bagi dunia pendidikan kita," sebut Lasro.

Lasro mengimbau masyarakat agar bersabar karena dinas pendidikan akan mengadakan perbaikan gangguan sistem. Lasro menyebut pihaknya bakal terus memonitor supaya apa yang telah dijanjikan oleh Kadis Pendidikan Sumut berjalan dengan baik.

"Mari kita semua bersabar, memang ada gangguan sistem dan akan diperbaiki dan kami akan monitor demi kemaslahatan pendidikan kita, demi masa depan anak-anak dan juga ketenangan kita orang tua," ucap Lasro.

Sebelumnya, portal resmi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sumatera Utara (Sumut) bermasalah dan dianggap kacau. Ombudsman Sumatera Utara sempat meminta pengumuman hasil PPDB Sumut untuk ditunda karena portal tersebut sering kali bermasalah.

Orang tua calon murid yang tidak puas bahkan sempat beberapa kali menggeruduk kantor Dinas Pendidikan Sumut. Mereka memprotes buruknya sistem PPDB itu. Mereka pun meminta PPDB diulang.

(fas/dhn)