Banyak Sepeda Keluar Jalur Khusus di Jalan Sudirman-Thamrin Pagi Ini

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Minggu, 20 Jun 2021 09:22 WIB
Pesepeda keluar jalur di Jalan Sudirman-Thamrin Jakpus, Minggu (20/6)
Pesepeda keluar jalur di Jalan Sudirman-Thamrin Jakpus, Minggu (20/6). (Annisa Rizky/detikcom)
Jakarta -

Jalur sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, pagi ini terpantau ramai. Namun masih banyak pesepeda yang keluar dari jalur sepeda yang telah disediakan.

Berdasarkan pantauan detikcom, Minggu (20/6/2021), terlihat banyak pesepeda yang keluar dari jalur di Jalan Sudirman-Thamrin. Pesepeda kerap menyatu dengan pengendara mobil maupun motor. Sesekali, pesepeda tampak menghalangi lintas kendaraan lain.

Para pesepeda tampak menggunakan masker. Di antara yang keluar jalur, ada pula pesepeda yang taat di jalur permanen yang telah disediakan.

Salah seorang pengendara sepeda mengatakan pesepeda dan pengendara kendaraan bermotor harusnya mengikuti jalur yang telah disediakan. Namun dia menyadari banyak juga yang melakukan pelanggaran.

"Kita itu sebenarnya sharing jalan antara pengguna kendaraan bermotor sama yang bersepeda. Cuma ya kenyataannya masih banyak pesepeda yang keluar dari jalur," ujar pegiat sepeda sejak 2018, Risyad, saat ditemui detikcom di kawasan Sudirman-Thamrin, Minggu (20/6).

Dia pun mengimbau pesepeda agar dapat tertib dan mawas diri. Tujuannya agar pengguna kendaraan lain tidak terganggu.

"Kalau emang mau cepet dan perlu jalur yang lebih cepat, ya cari alternatif lain. Balik lagi, ini kan jalan raya, bukan jalan sepeda," kata dia.

Pria berusia 31 tahun itu menyebutkan, pesepeda senior ataupun komunitas sepeda menerima masyarakat yang hendak berolahraga. Hanya, dia mengimbau pegiat sepeda agar meningkatkan pemahamannya supaya pengguna jalan lainnya kian aman.

Kepada detikcom dia bercerita, minggu lalu ada sekeluarga yang bersepeda di kawasan ini. Namun anak dan isterinya ketinggalan di belakang sehingga keduanya keluar dari jalur dan sengaja belok ke kanan untuk menyusul suaminya. Padahal, kata dia, saat itu kondisi jalan tengah dipadati kendaraan bermotor.

"Ya sama saya ditegur. Tapi malah saya yang dimarahin. Dari momen itu, saya melihat mereka nggak terbiasa membawa badan dalam kendaraan bersepeda," ujarnya.

Simak Video: Waka Komisi III DPR Minta Kapolri Evaluasi Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin

[Gambas:Video 20detik]