Kronologi Pemulangan Adelin Lis dari Singapura ke Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 19 Jun 2021 22:24 WIB
Kejaksaan Agung memulangkan Adelin Lis, buron pembalakan liar selama 10 tahun. Terlihat, Adelin melangkah di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.
Adelin Lis (Foto: Rifkianto Nugroho)

Adelin Lis Karantina 14 Hari di Rutan Selemba


Adelin Lis akan menjalani isolasi selama 14 hari ke depan. Isolasi akan dilakukan di Rutan Salemba cabang Kejagung sebelum dieksekusi ke Lapas.

"Untuk selanjutnya terpidana akan dilakukan karantina kesehatan selama 14 hari dan kita tempatkan di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Agung untuk selanjutnya akan dieksekusi oleh Lembaga Pemasyarakatan," kata Leonard.

Leonard juga mengungkapkan terima kasih kepada otoritas Singapura. Sebab operasi pemulangan ini bekerja sama dengan pihak Singapura.

"Pemulangan buron Adelin Lis ini adalah satu sinergitas antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Singapura, oleh karena itu pada kesempatan ini Bapak Jaksa Agung mengucapkan terima kasih khususnya kepada pemerintah Singapura dalam hal ini adalah Jaksa Agung Singapur, dari Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Dalam Negeri Singapura," kata dia.

Untuk diketahui, Adelin adalah buron kasus illegal logging yang kabur ke Singapura pada 2006 silam. Dia sempat tertangkap KBRI Beijing tapi kabur dari kawalan.

Kemudian pada 2018, Adelin Lis melarikan diri dan memalsukan paspor dengan nama Hendro Leonardi. Adelin Lis pun tertangkap imigrasi Singapura.

November 2007, Pengadilan Negeri Medan memvonis bebas Adelin. Juli 2008, Mahkamah Agung mengabulkan kasasi jaksa penuntut umum, Adelin diputus 10 tahun penjara dan denda. Pada 16 Juni kemarin, muncul kabar dari Kejagung, Adelin ditangkap di Singapura.


(lir/dnu)