Jalur Road Bike di JLNT Ditiadakan Akhir Pekan Ini, Mobil Bisa Melintas

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 20:29 WIB
JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang diuji coba sebagai lintasan road bike mulai hari ini. Sejumlah pesepeda pun ramai-ramai datang untuk bersepeda di jalur tersebut
Jalur Road Bike JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Aparat kepolisan meniadakan uji coba jalur khusus road bike di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang. Alasannya untuk menghindari kerumunan mengingat angka penularan COVID-19 DKI Jakarta mengalami lonjakan.

"Biasanya ada uji coba jalan layang nontol tol Casblanca untuk sepeda, maka hari Minggu itu ditiadakan. Kita mulai Sabtu Minggu menertibkan dan membatasi kegiatan yang menimbulkan kerumunan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo usai mengikuti Apel Patroli Penanganan COVID-19 TNI-Polri, di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Jumat (18/6/2021).

Sambodo mengatakan JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang nantinya akan kembali seperti semula, yaitu hanya untuk kendaraan roda empat.

"Jalur layang non-tol akan dilintasi mobil kembali," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Dinas Perhubungan DKI Jakarta mencopot rambu khusus pesepeda road bike yang ada di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang. Pencopotan dilakukan berdasarkan hasil diskusi bersama sejumlah komunitas, salah satunya bike to work.

"Iya, memang dicopot sesuai dengan kesepakatan," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Rudy Saptari saat dihubungi, Minggu (13/6/2021).

Dia mengatakan pencopotan dilakukan sejak pukul 08.00 WIB. Rudy menyebut pencopotan dilakukan di dua titik on ramp lintasan road bike, yaitu di JLNT Tanah Abang dan JLNT Casablanca. Namun dia memastikan pihaknya tak mencopot rambu larangan motor dan sepeda yang sejak awal terpasang di kawasan ini.

"Itu kan ada sisi timur, ada sisi barat. Jadi dua-duanya dicopot rambu tambahannya (khusus road bike)," jelasnya.

Lihat Video: Catat! Jalur Khusus Road Bike di JLNT Kp Melayu Dihapus Akhir Pekan Ini

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)