Surat Maryam Dibaca untuk Ibu Hamil, Bagaimana Pandangan Islam?

Rahma Indina Harbani - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 17:29 WIB
Cheerful Pregnant Muslim Lady In Hijab Posing Embracing Belly Sitting On Couch At Home. Young Arab Moms Portrait, Awaiting Baby. Pregnancy Happiness And Childbirth Concept
Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio/Surat Maryam Dibaca untuk Ibu Hamil, Bagaimana Pandangan Islam?
Jakarta -

Setiap kehamilan diharapkan berjalan dengan baik dan diberi keturunan sholeh. Dengan harapan tersebut, surat Maryam biasa dibaca untuk ibu hamil. Kebiasaan ini biasa dilakukan di masyarakat.

Sebetulnya, bagaimana hukum surat Maryam biasa dibaca untuk ibu hamil?

Yazid Subakti dalam bukunya Ensiklopedia Calon Ibu: Panduan Lengkap Mendidik Anak Secara Islami menerangkan, sebetulnya tidak ada perintah tersebut. Secara aqidah tidak ada perintah membaca surat Maryam bagi ibu hamil.

Hal senada diungkapkan Ana Syafaratin dalam buku Agar Momonganmu Cantik dan Tampan, Lapis-lapis Keberkahan Surat Yusuf dan Maryam bagi Ibu Hamil. Dikutip dari Hai Bunda, tidak ada anjuran membaca surat Maryam bagi ibu hamil.

"Tidak ada dalil yang menganjurkan bagi ibu hamil untuk membaca Surat Yusuf dan Surat Maryam. Apalagi untuk tujuan diberikan anak yang tampan atau cantik," tulis Ana dalam bukunya, dikutip detikcom Jumat (18/6/2021).

Ana menjelaskan selain tidak diperintah Allah SWT dan RasulNya, para sahabat tak pernah melakukannya. Para sahabat tidak pernah menerapkan atau mencontohkan untuk membaca surat Maryam bagi ibu hamil. Sebagai tambahan, tidak ada perintah mutatwir dari hadits.

Ajaran Islam hanya mensyariatkan untuk senantiasa meningkatkan frekuensi membaca Al Quran dalam keadaan hamil dan tidak. Perintah membaca Al Quran tanpa diiringi dengan memilih surat-surat tertentu, apalagi hanya membaca surat Maryam bagi ibu hamil.

Membaca Al Quran dapat menjadi sarana memohon pada Allah SWT supaya diberi keturunan yang baik. Selain keturunan, muslim bisa mengajukan permohonan yang lain. Hal ini telah dijelaskan dalam QS Al Baqarah ayat 152,

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Arab latin: "Fadzkuruunii adzkurkum wasy kuruu lii wa laa takfuruun."

Artinya: "Maka ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku ingat (pula) kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)Ku.

Seorang ibu hamil tidak dibatasi hanya harus membaca surat Maryam. Alih-alih hanya membaca surat Maryam bagi ibu hamil, ibu hamil bisa tadarus seluruh ayat Al Quran tanpa kecuali.

(row/row)