Terima Serikat Karyawan, F-NasDem DPR Tolak Garuda Dibangkrutkan

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 18 Jun 2021 14:51 WIB
Koordinator Sekretariat Bersama Serikat Karyawan Garuda Indonesia Bersatu, Tommy Tampatty.
Koordinator Sekretariat Bersama Serikat Karyawan Garuda Indonesia Bersatu, Tommy Tampatty, (Eva Safitri/detikcom).
Jakarta -

Kumpulan serikat karyawan Garuda Indonesia melakukan audiensi dengan Fraksi NasDem DPR. Mereka meminta dukungan penyelamatan agar maskapai Garuda tidak bangkrut.

"Kita baru saja melakukan pertemuan dengan Fraksi NasDem. Adapun maksud pertemuan kita adalah kami serikat bersama, serikat karyawan Garuda, asosiasi pilot Garuda, dan ikatan awak kabin datang untuk memohon dukungan kepada Fraksi NasDem, dukungan untuk penyelamatan flight carrier kita Garuda Indonesia," kata Koordinator Sekretariat Bersama Serikat Karyawan Garuda Indonesia Bersatu, Tommy Tampatty, kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/6/2021).

Dalam pertemuan itu, Tommy juga menyampaikan opsi untuk penyelamatan Garuda. Opsi itu sudah disampaikan kepada Fraksi NasDem untuk bahan pertimbangan lebih lanjut.

"Alhamdulillah kami sudah diterima Fraksi NasDem dan tadi mereka sangat respons dan mendukung penyelamatan Garuda dan sudah ada pernyataan dari Fraksi NasDem bahwa menyatakan mendukung penuh penyelamatan Garuda dan menolak wacana mitigasi dan menolak rencana pembangkrutan Garuda," ujarnya.

Selain ke NasDem, Tommy mengatakan pihaknya akan menemui fraksi lain di DPR. Dia berharap dukungan penuh dari seluruh fraksi soal penyelamatan Garuda.

"Kami akan menemui semua fraksi, semua fraksi yang ada di DPR, karena kami tahu bahwa Garuda ini milik bangsa, Garuda ini flight carrier. Semua anak bangsa pasti mendukung penyelamatan Garuda. Semua akan melakukan pertemuan. Kami juga sudah bermohon dengan PDIP, dan dalam waktu dekat kami bermohon bisa ketemu dengan Ketua MPR, DPR, dan Ketua DPD," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPP NasDem Martin Manurung menyatakan pihaknya mendukung penuh penyelamatan Garuda. Dia akan mempertimbangkan upaya agar Garuda tidak bangkrut.

"Kita menyadari ini, problem yang terjadi di pihak Garuda, kita mendukung pihak manajemen Garuda, jangan sampai Garuda ini berhenti terbang atau bangkrut, atau dilikuidasi. Apa pun bentuknya, karena ini bagian dari sejarah bangsa pertama kali pesawat yang terbang itu adalah Garuda. Garuda tetap terbang tinggi di seluruh Nusantara. Nah, itu komitmen dari Partai NasDem, Partai NasDem menolak Garuda dibangkrutkan," tuturnya.

Martin meminta Dirut Garuda Indonesia Irfan Setiaputra memikirkan berbagai cara mengupayakan penyelamatan Garuda. Jangan sampai nasib Garuda sama dengan Merpati, yang kini telah bangkrut.

"Itu sedih sekali nasib itu. Karyawan belum beres penyelesaian, aset tidak ada. Jadi ini harus ada keputusan politik yang rasional dalam rangka penyelesaian Garuda. Saya juga mengatakan ke Pak Irfan selaku Dirut harus raja tega. Dalam arti lakukan semua langkah yang mungkin membuat Garuda itu cut loss, sehingga kita tidak harus memiliki opsi likuidasi," ujarnya.

"Kita ingin Garuda sebagai nasional flight carrier bisa bertahan. Tidak bernasib seperti Merpati. Jangan komitmen itu kemudian dimanfaatkan secara tidak betul," tuturnya.

(eva/gbr)