Kasus Corona di Jakarta Melonjak, Wagub DKI: Kita Siapkan Langkah Ekstra

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 22:13 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Penambahan kasus COVID-19 di Jakarta kian melonjak. Pemprov DKI Jakarta menyiapkan langkah ekstra dalam menangani lonjakan kasus COVID-19.

"Dengan kasus yang luar biasa hari ini kita mengambil langkah-langkah ekstra. Hampir setiap hari kami koordinasikan, pak gubernur bahkan langsung pimpin rapat terkait vaksin, terkait COVID kami terus koordinasi dengan para ahli, para pakar epidemiologi dengan Satgas pemerintah pusat. Bahkan sudah dapat arahan dari presiden," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (17/6/2021).

Langkah ekstra yang disebut Riza salah satunya menggenjot vaksinasi massal di Jakarta. Dengan begitu, target 7,5 juta warga tervaksinasi pada Agustus mendatang dapat tercapai.

"Mengupayakan percepatan pelaksanaan vaksin per hari agar bisa mencapai 100 ribu dan berharap pada akhir Agustus bisa mencapai 7,5 juta," jelasnya.

Kemudian, Pemprov DKI membentuk tim Satgas COVID-19 hingga level RT dan rumah warga. Semua ini dilakukan demi menjamin penerapan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 berjalan maksimal.

"Jadi upaya-upaya terus kita lakukan, satgas kita giatkan kembali sampai tingkat terkecil di RT-RT bahkan seperti yang pernah saya sampaikan di tiap rumah juga ada anggota keluarga sebagai person in charge sebagai relawan yang memberikan informasi, memastikan di rumah masing-masing bersih disinfektan menggunakan masker, memastikan bagi orang tua dan anak-anak di bawah 9 tahun tidak keluar rumah dan sebagainya," ucapnya.

Selain itu, pihaknya turut mewaspadai keberadaan varian baru COVID-19 ke Jakarta. Serta, menambah fasilitas ruang isolasi bagi pasien COVID-19.

"Kami terus upayakan berbagai fasilitas termasuk siapkan wisma, GOR dan tempat lainnya bagi isolasi mandiri. Kemudian menambah jumlah personel tenaga kesehatan secara berkala dan tetap menyiapkan tempat penginapan hotel bagi tenaga kesehatan termasuk di antaranya melakukan upaya-upaya lain, memastikan meningkatkan operasi yustisi bersama Polda Metro dan Kodam Jaya," jelasnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kasus Corona Mingguan RI Meningkat 38%, Ini Penyumbangnya"
[Gambas:Video 20detik]